Sulawesi Selatan

Warga Lembang Buntu Tondok Kecam Wilayahnya Jadi Pembuangan Sampah

Lokasi pedamaran, di lembang buntu tondok yang kembali di jadikan lokasi tempat pembuangan sampah sementara pemda Torut.(Foto:Jufri Tonapa/kabarSelebes.com)

TORAJA UTARA, KabarSelebes.com – Ribuan warga Lembang Buntu Tondok di Kecamatan Buntu Pepasan, Toraja Utara menolak keras wilayah mereka dijadikan tempat pembuangan sampah sementara.

Penolakan ini terjadi setelah dua hari terakhir lokasi pembuangan sampah sementara yang berada di Dusun Kesan yang berjarak kurang lebih satu kilo meter dari jalan poros Pangala-Pangli, menjadi lokasi pembuangan sampah dari kota Rantepao. Warga menilai karena tidak ada sosialisasi kepada warga sekitar.

“Kalau tidak ada respon dari pemerintah Toraja Utara besok untuk menghentikan pembuangan sampah di lokasi itu, kami akan memalang jalan dan mengusir semua kendaraan pengangkut sampah dan mengambil sampah yang mereka sudah buang untuk dibawa kembali ke kota Rantepao,” tegas Roy Sambara, tokoh pemuda di Lembang Buntu Tondok, Selasa Malam (7/3/2015).

Warga sangat kecewa karena akan berdampak buruk bagi warga sekitar. Karena jika terus dilanjutkan akan mempengaruhi sistim air baku yang ada di sekitar lokasi. Bahkan akan berdampak bagi kesehatan warga sekitar.

“Kecamatan Buntu Pepasan ini adalah daerah area resapan air. Apalagi lokasi tempat pembuangan sampah hanya berjarak sekitar kurang lebih 30 sampai 40 meter dari persawahan bahkan pemukiman warga,” ungkap Roy.(Jufri Tonapa)

Comments

comments

Terpopuler Minggu Ini

To Top