Kota Palu

Truk Pengangkut Alat Berat Ini Ambles di Lahan Parkir RTH Palu

Nampak Truk bermuatan alat berat terperosok di ruang terbuka yang belum lama selesai di kerjakan Pemkot Palu. (Zulfikar untuk KabarSelebes.com)

PALU, KabarSelebes.com – Lahan parkir Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang belum lama selesai dikerjakan oleh Pemerintah Kota Palu, Sabtu pagi (13/3/2017) lalu ambles akibat mobil bermuatan alat berat diparkir di tempat tersebut.

Perwakilan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Sulawesi Tengah Zulfikar mengatakan, dirinya yang ikut memantau proses evakuasi truk yang sempat terperosok sedalam satu setengah meter di drainase tersebut. Menurutnya, memang kejadian itu telah menyalahi aturan dengan memarkirkan truk bermuatan lebih dari 50 Ton di lahan yang tidak semestinya.

Pasalnya kata dia, lahan tersebut memang bukan diperuntukan bagi tempat parkir truk seperti itu, namun hanya bagi kendaraan roda dua maupun roda empat.

“Ini memang bukan tempat parkir bagi mobil bermuatan alat berat, cuman parkir mobil dan motor saja,” ungkap Zulfikar.

Lebih lanjut, posisi parkir khususnya roda belakang truk yang tepat di atas gorong-gorong, jelas Zulfikar ikut pula menjadi penyebab amblesnya lahan parkir RTH karena di beberapa tempat pijakan roda lainnya, terlihat dalam keadaan baik kondisinya.

Dijelaskannya pula, truk yang berasal dari Kota Manado Sulawesi Utara ini, sebenarnya hanya ingin beristirahat sebentar di lokasi ini. Namun, karena ketidaktahuan jika lokasi tersebut bukan diperuntukan bagi lahan parkir khususnya kendaraan alat berat, alhasil membuat kejadian yang tidak diinginkan ini terjadi.

Sementara itu, pihak Kepolisian dari Satlantas Polda Sulawesi Utara yang mengawal Truck Ekpedisi ini mengaku tidak tahu jika lokasi tempat mereka memarkirkan truk merupakan area larangan bagi truck bermuatan alat berat.(Tri)

Comments

comments

Terpopuler Minggu Ini

To Top