Kota Palu

Sampaikan LKPJ, Walikota Palu Sebut Anggaran Tahun 2016 Banyak Keberhasilan

Para anggota DPRD Kota Palu saat mendengar LKPJ yang disampaikan oleh Walikota Palu, Hidayat, Senin (6/3/2017). (Tri Novian/KabarSelebes.com)

PALU, KabarSelebes.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Palu, melalui Walikota Hidayat MSi pada Senin (6/3/2017) menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) tahun anggaran 2016 di ruang sidang Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palu.

Sidang yang dihadiri hampir semua anggota DPRD tersebut, selain mendengarkan penyampaian walikota Hidayat, pada sidang itu juga, anggota dewan, membentuk panitia khusus (Pansus) guna membahas isi laporan yang telah disampaikan Pemkot.

Sebelumnya, dalam laporannya menyebut, sejumlah kinerja berhasil dicapai selama tahun anggaran 2016. Diantaranya, mengenai pelaksanaan pendidikan gratis khususnya di tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Sekarang pendidikan di Kota Palu sudah gratis khususnya di tingkat sekolah dasar dan menengah,” ungkap Hidayat.

Bukan hanya itu, Hidayat juga menjelaskan sejumlah pembangunan ekonomi yang selama tahun 2016 lebih difokuskan di sektor jasa. Saat ini, pihaknya telah memulai dengan melaksanakan program kelurahan inovatif. Dalam program kelurahan inovatif tersebut, sebanyak 18 Kelurahan saat ini diklaim telah memiliki satu fokus pengembangan sektor industri.

Hidayat mencontohkan, Kelurahan Baiya yang tengah difokuskan untuk mengembangkan sektor kain tenun bomba, serta sejumlah kelurahan lainnya.

“Untuk saat ini sebanyak 18 kelarahan di Kota Palu, telah mengembangkan satu sektor industri. Misalnya, Kelurahan Baiya yang fokus dengan kain tenun bomba,” sebutnya.

Lebih lanjut dalam LKPJ yang dibacakanya, Hidayat menganggap selama dirinya memimpin terhitung sejak dilantik hingga saat ini, pembagunan sarana dan prasarana tidak kalah dari fokus pembangunan yang telah dilaksanakan. Hal itu dibuktikan dengan rampungnya pembangunan sejumlah gedung baru untuk keperluan sejumlah SKPD yang berada di bawah pemerintahanya semisal gedung miik pemadam kebakaran.

Menanggapi klaim pencapaian tersebut, sidang yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Kota Palu Drs. Basmin H. Karim M.Si bersama anggota dewan lainnya, bersepakat membentuk panitia khusus (Pansus) guna menindaklanjuti serta membahas laporan LKPJ.

Kata Basmin, pansus yang mencapai 11 anggota dewan diketuai Muhammad Rum SH, MH diharapakan dapat bekerja maksimal sesuai dengan waktu kerja selama 18 hari kedepan.

“Kepada anggota pansus agar selama 18 hari kedepan, dapat bekerjsa secara maksimal guna membahas laporan LKPJ yang dimaksud,” pungkasnya. (Tri Novian)

Comments

comments

Terpopuler Minggu Ini

To Top