Banggai

ROA Gerakkan Aksi Penyelamatan Ekosistem

Kordinator Program ROA Sulteng Mochammad Subarkah saat sosialisasi di Banggai.(Foto:Dok ROA)

BANGGAI, KabarSelebes.com – Relawan untuk Orang dan Alam (ROA) melakukan sosialisasi program aksi penyelamatan ekosistem pesisir dan laut di Kelurahan Talang Batu Kecamatan Balantak Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Sosialisasi yang digelar di kantor Kelurahan Talang Batu dihadiri Camat Balantak, Lurah dan segenap perwakilan masyarakat setempat, Kamis(09/3/2017).

Kordinator Program ROA Sulteng Mochammad Subarkah mengatakan, tahun ini pihaknya memiliki program penyelamatan ekosistem pesisir  dan laut yang dalam kurun satu tahun ini akan melakukan sejumlah kegiatan-kegiatan yang mendukung terlaksananya pencapaian program.

“Sedikitnya ada 15 kegiatan yang akan dilaksanakan di Kelurahan Talang Batu Kecamatan Balantak,” sebut Mochammad Subarkah.

Subarkah menguraikan beberapa item kegiatan diantaranya melakukan survey pengetahuan, survey ekonomi dan sosial serta survey ekologi di wilayah perairan yang menjadi sasaran program. Kegiatan tersebut sepenuhnya melibatkan para pihak atau stakeholder mulai dari tingkat masyarakat, pemerintahan kelurahan, kecamatan hingga level pemerintahan kabupaten.

“Bagi kami penting untuk melakukan sinergitas program baik yang dikelola oleh masyarakat sipil dalam hal ini lembaga swadaya masyarakat, masyarakat dan level pemerintahan bahkan sektor swasta sehingga kelak bisa membangun ide-ide atau koloboratif program pembangunan khususnya sektor kemaritiman dan wisata sebagaimana yang menjadi visi misi Bupati dan Wakil Bupati Banggai yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten Banggai”Ungkapnya.

Ia menambahkan program emerintah Banggai dibawah kepemimpinan Bupati Erwin Yatim dan Wakil Bupati Mustar Labolo, dalam mendorong sektor kemaritiman dan wisata sangat sesuai dengan kondisi geografis wilayah Kabupaten Banggai yang memiliki wilayah kawasan pesisir dan laut dengan sumberdaya keanekaragaman hayati lautnya yang berlimpah dan keindahan bawah laut yang berpotensi untuk pengembangan wisata berbasis masyarakat.

Terkait hal itu maka seyogyanya semua pihak mesti memberikan perhatian serius terhadap perlindungan, keberlanjutan dan keseimbangan ekosistem wilayah pesisir dan laut di perairan Balantak secara khusus dan seluruh wilayah pesisir dan laut di Kabupaten Banggai. Semisal memperhatikan keberadaan  Terumbu karang, mangrove, dan padang lamun” Tiga ekosistem kunci ini sangat berperan penting bagi kelangsungan keanekaragaman hayati bagi sejumlah spesies atau jenis  penting di kawasan pesisir dan laut,”Ujarnya.

Sekaitan dengan hal itu sudah sepatutnya semua pihak menyadari agar membangun komitmen bagi pelestarian ekosistem pesisir dan laut dengan memastikan pemanfaatan sumber daya ikan yang berkelanjutan.

Diharapkan para pihak yang akan bergiat dalam upaya-upaya pelestarian di area kunci keanekaragaman diarahkan pada pengelolaan bintang laut yang lebih produktif. Mendorong masyarakat dan para pihak terkait untuk meninggalkan kegiatan-kegiatan pengambilan hasil laut yang merusak, serta pengembangan potensi wisata bahari yang lebih memperhatikan daya dukung lingkungan dan keterlibatan yang kuat dari masyarakat sekitar.

”Dukungan pemerintah daerah sangat diperlukan dalam upaya pelestarian di area prioritas ini,” harap Subarkah.

Pada kesempatan yang sama, Kurnia Chandra Camat Balantak menyatakan pemerintah kecamatan sangat mengapresiasi kegiatan ataupun program ini khususnya yang berada di Perairan Balantak. Mengingat Perairan Balantak juga memiliki ekosistem kunci berupa terumbu karang dan padang lamun karena sangat  bermanfaat bagi tempat biota laut.

”Perlu kita lestarikan demi keselamatan umat manusia khususnya di perairan balantak dan harapannya sosialisasi ini bisa memberi pengetahuan kepada masyarakat. Terumbu karang banyak yang rusak karena ulah oknum yg melakukan pemboman yang mengakibatkan rusaknya terumbu karang kami berharap sosialisasi ini bisa kita ikuti dan cermati bersama demi kelestarian  ekosistem,”pintanya.

Hal senada pun disampaikan oleh Lurah Talang Batu Susanto Bahar yang mendukung upaya dan langkah penyelamatan kawasan ekosistem pesisir dan laut yang berada di Perairan Balantak khususnya di Kelurahan Talang Batu dan berharap program ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan hidup.(*)

Comments

comments

Terpopuler Minggu Ini

To Top