Kota Palu

Ribuan Warga Ramaikan Gerakan Galih Gasah di Palu

Walikota Palu Drs. Moh. Hidayat M.Si saat melepas peserta Gerakan Galih Gasah (3G). (Tri Novian/KabarSelebes.com)

PALU, KabarSelebes.com – Pendeklarasian Gerakan Galih Gasah (3G) yang dicanangkan pemerintah Kota Palu Sabtu (11/3/2017), berlangsung meriah. Pasalnya, peserta yang sejak awal di dengung-dengungkan mencapai ribuan, tampak terealisasikan.

Hal itu terlihat dari panjangnya aksi longmarch yang dimlakan dari lapangan Yonif Raksatama 711 dan berakhir di Anjungan Nusantara Kota Palu.

Selain longmarch, massa terlihat membawa masing-masing satu kantongan kresek yang besar guna menampung sampah yang dilewati sepanjang rute yang telah ditentukan.

Adapun rutenya, yaitu mulai dari Jalan Emiy Saelan, Monginsidi, Hasanuddin, Samratulangi, Hj. Hayun, Suharso, dan finish di jalan Rajamoili.

Mewakili Gubernur Sulteng Drs. H. Longki Djanggola M.Si, Asisten I Bidang Pemerintahan Moh. Arief Latjuba SE, M.Si saat akan memulai aksi longmarch, gerakan yang sangat baik ini diharapkan dapat berlangsung secara berkesinambungan.

Kata dia, bukan hanya dalam bentuk aksi seperti ini, tapi kedepan diharapkan masyarakat dapat lebih sadar mengenai pentingnya menjaga kebersihan dan lingkungan di sekitar.

“Semoga dengan ini, masyarakat selanjutnya dapat lebih tersadar akan pentingnya kebersihan lingkungan,” ungkap Longki Djanggola.

Lebih lanjut, massa yang diperkirakan mencapai 5000 orang ini, selain memungut sampah ada pula sebagian yang tampak membagi-bagikan selebaran mengenai instruksi Walikota Palu agar selalu menjaga kebersihan.

Sementara itu, Walikota Palu Hidayat M.Si yang langsung melepas aksi tersebut sangat yankin bahwa kegiatan Galih Gasah ini dapat meningkatkan kepedulian akan kebersihan sampah. Sehingga memurutnya, kepeduliah terhadap sampah bukan lagi menjadi tanggungjawab pemerintah, melainkan seluruh masyarakat Kota Palu.

“Satgas K5 nantinya akan selalu mengkampanyekan gerakan galih gasah, guna menciptakan lingkungan yang bersih dan indah,” harapnya. (Tri)

Comments

comments

Terpopuler Minggu Ini

To Top