Ekonomi

Pemprov Optimis Alokasi KUR Sulteng Tahun 2017 Capai Rp.1 Triliun

Asiisten 2 Bidang Perekonomian Provinsi Sulawesi Tengah, Dr. Ir Bungan Elim Somba M.Sc (kanan). (Tri Novian/KabarSelebes.com)

PALU, KabarSelebes.com – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah optimis tahun 2017 Pemerintah Pusat dapat mengalokasikan dana Kredit usaha rakyat (KUR) untuk Sulteng mencapai Rp.1 Triliun.

Hal itu diungkapkan Asisten II Bidang Perekonomian Sulawesi Tengah, Dr. Ir Bungan Elim Somba saat sosialisais yang digelar Kamis kemarin.

Elim mengatakan, permintaan Pemprov Sulteng tentang pengalokasian dana KUR yang mencapai Rp.1 Triliun di tahun ini, telah disampaikan beberapa waktu lalu saat menghadiri rapat terbatas antara Pimpinan Daerah se-Sulawesi bersama Wakil Presiden H. Yusuf Kalla.

“Jadi kemarin itu, kebetulan di rapat terbatas antara pimpinan daerah se-Sulawesi, Pemprov Sulteng menyampaikan permintaan alokasi dana KUR untuk Sulteng bisa mencapai Rp.1 Triliun,” kata Bungan Elim Somba.

Dijelaskannya, meskipun untuk saat ini masih belum tergambar jelas akan dimanfaatkan untuk apa saja dana KURr tersebut, namun menurutnya kemungkinan dalam pengalokasianya akan melihat setiap bidang yang dianggap ideal utamanya dari segi bantuan modal kerja.

Salah satunya yang dianggap penting, yaitu kaum petani di wilayah Sulawesi Tengah. Pasalnya kata dia, sampai saat ini petani dianggap masih cukup kesulitan dalam permodalan guna meningkatkan hasil tanam yang dikelolahnya.

“Memang petani kita masih sangat kesulitan dalam mengakses kebutuhan akan permodalan,” terangnya.

Jika hal ini terpenuhi, meskipun masih ditataran pembahasan pemerintah pusat, petani akan jauh lebih mandiri, bahkan dapat lebih meningkatkan hasil produksinya. (Tri)

Comments

comments

Terpopuler Minggu Ini

To Top