Parigi Moutong

Pembentukan Dewan Kesenian Parimo Belum Jelas, Ini Kata Kabid Kebudayaan

Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Kabupaten Parimo, Eni Susilowati. (FOTO : Roy Lasakka/KabarSelebes)

PARIGI MOUTONG, KabarSelebes – Pembentukan Dewan Kesenian Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) yang hingga kini belum jelas, nampaknya menuai perhatian dari sejumlah pihaknya.

Menurut Eni Susilowati selaku Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Parimo, bahwa pihaknya tidak bisa terlibat dalam upaya pembentukan Dewan Kesenian tersebut.

Pasalnya, mandat dari Ketua Dewan Kesenian Provinsi Sulteng telah diberikan kepada salah seorang pekerja seni di Kota Parigi yang namanya enggan disebutkan.

Menurutnya, penerima mandat untuk membentuk Dewan Kesenian di Kabupaten Parimo itu memiliki kekuasaan penuh untuk menghimpun para pekerja seni yang ada.

Hanya saja, sebagai pihak yang memiliki kaitan erat dengan kesenian di Kabupaten Parimo, dirinya siap memfasilitasi pembentukan Dewan Kesenian tersebut.

“Jika terbentuk, apa saja yang menjadi kebutuhan Dewan Kesenian kami siap mendampingi. Kami juga menerima informasi, bahwa penerima mandat telah menemui Bupati terkait pembentukan Dewan Kesenian. Soal belum jelas tindaklanjutnya, kami tidak mengetahuinya,” ujar Eni kepada KabarSelebes.com di ruang kerjanya, Selasa (7/3/2017).

Ia mengatakan, tidak terlibat dalam upaya pembentukan Dewan Kesenian tersebut karena pihaknya tengah fokus dalam pencitraan kebudayaan dan kesenian di sekolah-sekolah di Kabupaten Parimo seperti pembentukan sangar seni.

Ditanya soal siap atau tidaknya bidang yang dipimpinnya itu ikut terlibat dalam upaya pembentukan Dewan Kesenian jika menerima mandat, Eni mengaku tidak bisa.

“Kami hanya dapat merangkum keinginan kawan-kawan pekerja seni dan mengusulkan anggarannya,” katanya. (Roy Lasakka)

Comments

comments

Terpopuler Minggu Ini

To Top