Kota Palu

Padat Karya Dinilai Kurang Efektif, Beginilah Cara DKP Kota Palu Dukung Program Galih Gasah

ILUSTRASI – Seorang petugas kebersihan tengah menyapu pinggiran fly over simpang Polda Palembang, Rabu (28/11). (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

PALU, KabarSelebes.com – Dalam mendukung program Galih Gasah, Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Palu mengintruksikan kepada setiap pemerintahan tingkat kelurahan dan kecamatan agar melaksanakn Jumat Bersih.

Adapun Jumat Bersih dimaksudkan, guna setiap masyarakat di Kota Palu dapat membersihkan sampah yang ada di wilayahnya masing-masing minimal tiap hari Jumat.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Palu, Ir. Musliman Mallappa mengatakan, Instruksi yang dikeluarkan pihaknya, semata-mata sebagai upaya lanjutan untuk mendukung pelaksanaan Program Galih Gasah milik Pemkot Palu.

“Sebagai upaya lanjutan mendukung program galih gasah Pemkot Palu, kami sudah menginstruksikan kepada semua kelurahan dan kecamatan, untuk melakukan jumat bersih,” ujarnya belum lama ini.

Lanjut Musliman, bukan hanya untuk ditingkat kelurahan dan kecamatan, himbauan yang sama juga dikeluarkan bagi sejumlah toko yang letaknya di depan jalan protokol.

Diharapkanya, agar setiap saat dapat membersihkan sampah yang tiap harinya dihasilkan dari toko itu sendiri. Bukan hanya itu, disarankan untuk menyediakan lahan agar dapat menanam minimal satu pohon disetiap toko.

Hal ini sesuai dengan tujuan Walikota Palu, Hidayat, untuk menciptakan Kota Palu menjadi lebih hijau dan asri kedepan.

“Kami juga sudah menghimbau tiap toko untuk menyediakan lahan, minimal untuk menanam minimal satu pohon,” sebutnya.

Saat disinggung efektifitasnya sendiri, jika dibandingkan dengan program padat karya, Musliman menilai padat karya diangap kurang efektif untuk membersihkan lingkungan. Pasalnya, selama ini hanya melibatkan segelintir masyarakat dalam prakteknya. Bahkan di beberapa titik jalan yang selama ini telah dibersihkan, menuruntya masih belum maksimal. (Tri Novian)

Comments

comments

Terpopuler Minggu Ini

To Top