Kota Palu

Minim Tenaga Terapis, Layanan di PLA Palu Belum Optimal

Ilustrasi (@radarcirebon.com)

PALU, KabarSelebes.com – Sejak diresmikan tahun 2016 lalu, Pusat Layanan Autis (PLA) Kota Palu yang diharapkan dapat menjadi pusat pengobatan bagi anak berkebutuhan khusus, ternyata sampai saat ini masih belum berjalan dengan optimal. Pasalnya, selain minimnya sarana dan prasarana pendukung seperti halnya tempat bermain, Sumber Daya Manusia (SDM) utamanya terapis juga belum memadai.

Salah satu Terapis di PLA Palu, Fauzi mengakui bahwa saat ini tenaga terapis serta sarana dan prasana pendukung di pusat layanan tersebut masih sangat minim. Sehingga kata dia, layanan yang diberikan belum optimal.

“Sumber daya manusia khususnya di PLA ini pak hanya 3 orang,” akunya, Rabu (8/3/2017).

Meski hingga saat ini PLA yang terletak di Kelurahan Kawatuna, Kecamatan Mantikolore itu masih serba kekurangan, namun kata Fauzi, pihaknya masih terus melakukan layanan pengobatan bagi anak berkebutuhan khusus di Kota Palu. Hanya saja, dengan jumlah murid mencapai 44 orang, pihak PLA masih sangat kesulitan dengan tenaga terapis yang hanya berjumlah 3 orang.

“Di sini pak, anak-anak berkebutuhan khusus yang dilayani mencapai 44 orang, kemudian tenaga therapisnya hanya 3 orang. Tentunya, tidak maksimal dalam melayani pengobatan anak berkebutuhan khusus,” keluhnya.

Perbandingan jumlah murid dengan tenaga terapis saat ini memang tidak sesuai. Pasalnya untuk satu orang anak berkebutuhan khusus, dalam penangananya bisa membutuhkan 1 hingga 2 tenaga terapis tergantung ganguan yang diderita anak tersebut.

Namun, mengantisipasi kekurangan itu, PLA Palu selama ini dalam melayani anak binaan dengan mambagi jadwal pelayanan.

“Kami telah membaginya sesuai jadwal juga, sehingga tiap anak bisa datang sesuai jadwal yang ditentukan,” tuturnya.

Untuk diketahui, beberapa waktu lalu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu telah meninjau dan membicarakan permalasahan yang dikeluhkan oleh pihak PLA Palu. Hanya saja, untuk saat ini pihaknya masih menunggu implementasi dari hasil peninjauan tersebut. (Tri Novian)

Comments

comments

Terpopuler Minggu Ini

To Top