Kota Palu

Kemenag Palu Gelar Kompetisi Sains, Seni dan Olahraga Antar Madrasah

Piala yang diperebutkan pada kompetisi yang digelar kemenag Palu. (Tri Novian/KabarSelebes.com)

PALU, KabarSelebes,com – Kementerian agama Kota Palu, Kamis (2/3/2017) bertempat di asrama Haji, membuka dua gelaran Kompetisi antar madrasah se Kota Palu. Dari kedua kompetisi yang digelar, kedua-duanya bertujuan untuk meningkatkan mutu dari tiap anak didik khususnya yang berasal dari lingkup madrasah.

Ketua Panitia Ikhsan mengatakan, kedua kempetisi yang digelar kamis hingga sabtu mendatang itu, akan berlangsung di dua tempat yaitu di asrama Haji Palu, dan Madrasah Aliyah Negeri 2 Palu.

Yang diperlombakan antara lain Kompetisi Aains Madrasah (KSM) dan Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (AKSIOMA).

Kedua-duanya kata Ikhsan, memiliki perbedaan, yang mana untuk KSM lebih berfokus pada ilmu pengetahuan, sementara AKSIOMA lebih kepada Seni dan Olahraga.

Lebih lanjut, untuk pertandingan yang dilombakan di KSM, meliputi mata pelajaran Matematika dan Ipa, sedangkan untuk AKSIOMA terdiri dari pidato 3 bahasa, seni kaligrafi, MTQ, Bulutangkis serta tenis meja.

“Untuk masing-masing kompetisi ni pak beda-beda, untuk KSM lebih berfokus untuk sains atau ilmu pengetahuan, sedangkan untuk aksioma lebih ke seni dan olahraga,” ungkap Ketua Pantia Ikhsan, Kamis (2/3/2017) di sela-sela pembukaan.

Untuk jumlah madrasah yang terlibat di dua kompetisi ini sendiri, total mencapai 55 madrasah se kota Palu, meliputi 20 Ibtidaiyah, 25 Tsanawiyah dan 10 Aliyah.

Bagi tiap siswa yng ditetapkan sebagain juara, nantinya akan mewakili Kota Palu ditingkat provinsi pada jenis kompetisi yang sama. Bahkan, tidak mentup kemungkinan yang terpilih ditingkat Palu, untuk selanjutnya pada bulan Agustus mendatang, terpilih juga ditingkat provinsi untuk mengikuti KSM dan Aksioma level Nasional di jogjakarta.

“Setelah dari sini pak, kemungkinan mereka yang jadi juara akan mewakili Palu di tingkat provinsi. Untuk selanjutnya, yang kembali juara akan ditingkat nasional agustus mendatang di jogjakarta akan mewakili Sulteng,” tutupnya. (Tri Novian)

Comments

comments

Terpopuler Minggu Ini

To Top