Olahraga

Jelang Porprov ke-VIII, KONI Parimo Bakal Bangun Tiga Sarana Olahraga

Ilustrasi Futsal (balieditor.com)

PARIGI MOUTONG, KabarSelebes.com – Sebagai persiapan pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke-VIII, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) bakal membangun tiga sarana olahraga, yakni indoor futsal, arena panjat dinding dan lapangan sepak bola.

Pembangunan tiga sarana olahraga yang diperkirakan menelan anggaran mencapai Rp.1,40 Miliar itu merupakan bentuk kesiapan Kabupaten Parimo sebagai tuan rumah Porprov ke-VIII. Hal itu diungkapkan Sekretaris KONI Kabupaten Parimo, Abd. Razik Mardjengi kepada KabarSelebes.com, Selasa (14/3/2017).

Ia mengatakan, pelaksanaan pembangunan awal tiga sarana olahraga tersebut belum dipastikan kapan. Pasalnya, KONI Kabupaten Parimo tengah fokus pada persiapan pelaksanaan Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) yang rencananya akan dilaksanakan pada Maret ini.

Tiga sarana olahraga tersebut kata dia, seperti panjat dinding hanya dilakukan penambahan sarana yang telah ada. Begitu pula dengan lapangan sepak bola, hanya dilakukan penimbunan dan perbaikan lapangannya saja.

“Sedangkan indoor futsal, akan dibangun secara keseluruhan karena sarana olahraga tersebut belum ada,” ujarnya.

Ia menambahkan, untuk besaran anggaran yang diperuntukan bagi pelaksanaan Porprov nantinya, diperkirakan mencapai Rp.17 Miliran.

Namun, pihaknya disarankan untuk mengusulkan anggaran bagi pelaksanaan Porprov ke-VIII tersebut senilai Rp.20 Miliar atau lebih.

Bahkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Gubernur, Longki Djanggola dan Ketua DPR Sulteng Aminudin Ponulele terkait anggaran yang diperuntukan bagi pelaksanaan Porprov ke-VIII itu.

Pasalnya, dalam pelaksanaan Porprov nantinya, anggaran yang diperuntukan berasal dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan Pemerintah Daerah (Pemda) yang menjadi tuan rumah.

Contohnya, jika Pemprov dan DPR Sulteng menyetujui total anggaran yang diperuntukan bagi pelaksanaan Porprov ke-VIII senilai Rp.20 Miliar, maka Pemda Kabupaten Parimo harus menyiapkan dana sebesar Rp8 Miliar.

Hanya saja, untuk mengusulkan anggaran senilai Rp.20 Miliar atau lebih itu harus berdasarkan rincian yang benar.

“Bappeda Kabupaten Parimo juga telah meminta kepada KONI agar segera memasukan usulan anggaran pelaksanaan Porprov ke-VIII. Sehingga, pihak Bappeda dapat segera memasukan usulan anggarannya. Namun, kami belum siap untuk segera memasukan usulan tersebut karena harus menunggu realisasi dari Pemprov dan DPR Sulteng. Rencananya, usai pelaksanaan Porkab, pada April nanti kami akan segera menyiapkan persiapan Proprov ke-VIII, termasuk usulan anggarannya,” terangnya. (Roy Lasakka)

Comments

comments

Terpopuler Minggu Ini

To Top