Pelesir

Inilah Lima Objek Wisata ‘Instagrammable’ yang Layak Direkomendasi

Pengunjung berada di objek wisata Pusentasi atau Pusat Laut di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Minggu (12/2/2017). (ANTARA/Mohamad Hamzah)

KabarSelebes.com – Instagrammable. Istilah ini sering kali kita dengar di kalangan anak muda. Merujuk pada Urban Dictionary, instagrammable adalah kata yang menggambarkan bahwa sebuah foto atau gambar layak di-posting di media sosial Instagram.

Istilah ini sendiri muncul sekitar tahun 2016 seiring bertambahnya jumlah pengguna aktif platform populer tersebut yang kini telah mencapai 600 juta setiap bulannya. Umumnya, foto-foto yang termasuk instagrammable adalah lokasi wisata, kafe, hingga restoran.

Namun kali ini, kami tidak akan membahas tentang restoran atau kafe, melainkan destinasi wisata yang kerap dijuluki sebagai instagrammable. Sebabnya, foto destinasi wisata ini begitu masyhur dan sering diunggah ke Instagram. Begitu mengunggah foto lokasi wisata ini, sudah dijamin meraup banyak tanda likes.

Terdapat beberapa lokasi wisata instagrammable baru yang saat ini tengah naik daun di kalangan pencinta traveling maupun kaum millennial. Kami akan mengulasnya satu per satu untuk Anda.

Teras Cihampelas

Diresmikan pada 4 Februari 2017, foto lokasi wisata baru di Bandung tersebut sudah ramai tersebar di jagat maya. Saat artikel ini ditulis, sudah ada 11.478 foto dengan tagar #terascihampelas. Sementara foto yang menggunakan tagar #skywalkcihampelas, nama beken lainnya dari Teras Cihampelas mencapai 2.874 posts.

Lokasinya yang berada di Bandung membuat Teras Cihampelas dengan mudah menarik perhatian warga setempat dan juga masyarakat dari kawasan Jabodetabek. Diklaim sebagai skywalk pertama di Indonesia, struktur yang terlihat seperti jembatan layang ini dihiasi tanaman dan lampu unik.
Menyusuri Teras Cihampelas, Anda akan menemukan sejumlah area yang menjajakan kuliner dan suvenir. Area ini tampak mencolok dengan booth-nya yang berwarna-warni.

“Desain Skywalk di Cihampelas kekinian dan bagus. Cocok buat keluarga, tempatnya bersih dan adem, enak buat jalan-jalan, foto-foto dan kulineran,” ujar Tia, salah seorang pengunjung Teras Cihampelas kepada VIVA.co.id.

Teras Skywalk Cihampelas, Bandung

Seakan mengakomodasi para warga yang ingin eksis di internet, pihak pengelola pun menyediakan booth foto berbentuk laman Instagram. Pastikan datang lebih pagi sebab booth ini selalu dipenuhi oleh para pengunjung setiap akhir pekan.

The Lodge Maribaya

Begitu mengetik tagar #thelodgemaribaya di kotak pencarian Instagram, akan muncul sebanyak 40.825 posts mengenai objek wisata yang berada di Lembang ini.  Hal tersebut membuktikan bahwa The Lodge Maribaya begitu diminati.

Awalnya The Lodge Maribaya sohor sebagai lokasi kamping glamor atau dalam istilah kerennya glamping alias glamour camping. Memasuki kawasan ini, tampak tenda dengan fasilitas layaknya hotel berbintang berjejer rapi.

Hanya saja, kini objek favorit untuk dijadikan lokasi foto di The Lodge Maribaya bukan lagi tenda-tenda mewah itu, melainkan wahana seperti zip bike dan montain swing.

Zip bike merupakan wahana mengayuh sepeda di atas seutas tali. Dengan angle yang pas, mereka yang menaiki sepeda ini tampak seperti berada di atas lembah dengan latar belakang bukit yang dipenuhi pohon pinus. Adapun, montain swing  atau sky swing adalah ayunan yang menyuguhkan latar belakang serupa.

Karena dianggap seperti berpose ekstrem di atas ketinggian, wahana ini pun menjadi magnet wisatawan. Alhasil, pengunjung mesti sabar antre saat ingin mencoba wahana tersebut.
Ramdan, salah satu wisatawan yang pernah mengunjungi The Lodge Maribaya mengatakan, destinasi tersebut kini sudah berkembang pesat,

“Dahulu saya ke sana belum ramai seperti sekarang, fasilitas dan wahananya belum lengkap seperti sekarang. Tapi sudah jadi banyak wahananya,” ujar Ramdan.

Vertical Hammock 

Jika mengendarai sepeda di atas tali belum cukup membakar adrenalin maka datanglah ke Taman Hutan Raya Juanda di Dago Pakar Bandung. Adu nyali dengan tidur di atas vertical hammock yang tertambat di antara dua pohon pinus bisa menjadi pilihan.

Jajal hammock dengan ketinggian 10 meter apabila ingin mendapati pemandangan Taman Hutan Raya yang lebih luas dan sensasi ekstrem.

“Kalau sudah merasakan tidur di atas hammock rasanya enggak mau turun-turun,” ucap salah seorang pengunjung bernama Laras .

Dengan membayar Rp20 ribu, pengunjung bisa bersantai di atas hammock selama 15 menit. Para pengunjung yang ingin menikmati wahana tersebut akan dibantu oleh petugas yang sudah terlatih.

Pusentasi Donggala

Bagi masyarakat di Sulawesi Tengah, objek wisata yang satu ini sudah tak asing lagi. Terletak di Donggala, lokasi bernama Pusentasi atau Pusat Laut tersebut tengah populer di kalangan pengguna Instagram.

Pusentasi berbentuk sumur raksasa atau orang banyak menyebutnya sinkhole.  Bentuknya mengingatkan akan pantai tersembunyi di Marieta Islands. Namun jika pantai bernama Playa del Amor itu terbentuk akibat bom maka lain halnya dengan Pusentasi.

Pusentasi Donggala

Pengunjung berada di objek wisata Pusentasi atau Pusat Laut di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Minggu (12/2/2017). FOTO: ANTARA/Mohamad Hamzah

Sumur yang satu ini berisi air asin dan terbentuk secara alami. Untuk berenang di dalamnya, pengunjung bisa menggunakan tangga yang berada di dinding sumur. Selain menjadi lokasi wisata, Pusentasi juga menjadi tempat penelitian. Mereka yang datang tak hanya warga Indonesia, melainkan juga dari mancanegara.

Jurang Tembelan Kanigoro

Tak hanya Bandung saja yang punya objek wisata dengan pemandangan pegunungan. Mampirlah ke Jurang Tembelan Kanigoro di Yogyakarta. Di sini, pengunjung bisa berfoto selfie dengan latar belakang Pegunungan Seribu.

Tempat wisata ini memang baru dibuka beberapa bulan yang lalu. Seperti dilansir tvOne, Jurang Tembelan Kanigoro awalnya hanya lokasi tepi jurang dengan deretan warung makan dan minum.
Namun setelah melihat potensi yang ada, pengelola pun berinisiatif membersihkan lingkungan sekitar dengan membuat spot unik untuk berfoto. Ada tiga area yang menjadi favorit pengunjung. Pertama, perahu bambu. Kedua, patung kupu-kupu, dan terakhir adalah gardu pandang.

Pengunjung berada di kawasan wisata Jurang Tembelan Kanigoro, Mangunan, Dlingo, Bantul, DI Yogyakarta, Selasa (31/1).

Pengunjung berada di kawasan wisata Jurang Tembelan Kanigoro, Mangunan, Dlingo, Bantul, DI Yogyakarta, Selasa (31/1). FOTO: ANTARA/Andreas Fitri Atmoko

Mengingat lokasi perahu bambu berada di pinggir jurang, maka pengunjung dibatasi maksimal dua orang. Spot ini tidak disarankan bagi mereka yang takut ketinggian. Namun bagi mereka yang keberanian, berfoto di tempat ini jadi pengalaman tersendiri. Apalagi saat foto diunggah ke Instagram dan mendapat banyak likes dari para pengguna Instagram.

Sejauh ini, terdapat 5.838 posts dengan tagar #jurangtembelan. Salah satu pemandangan menakjubkan Jurang Tembelan Kanigoro berhasil diabadikan oleh pengguna Instagram dengan akun bernama dangkurr. Ia berpose di atas perahu bambu dengan latar belakang pegunungan yang tertutup kabut. Epic! 

 

(Sumber: VIVA.co.id)

Comments

comments

Terpopuler Minggu Ini

To Top