Poso

Gara-gara Perbaikan SK Bupati, Tenaga Medis RSUD Poso Belum Terima Honor

RSUD Poso

POSO, KabarSelebes.com – Sebanyak 300 tenaga kontrak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, mengeluhkan keterlambatan pembayaran honor. Mereka terdiri dari dokter, perawat, security, dan tenaga cleaning service.

Salah seorang pegawai kontrak RSUD Kabupaten Poso mengatakan, keterlambatan pembayaran honor terjadi dua bulan ini.

Sesuai ikatan kontrak selama satu tahun, honor yang harus dibayarkan tiap bulan Rp300.000, tidak sesuai dengan beratnya pekerjaan.

“Saya mewakili ratusan orang tenaga honor yang ada di RSUD Poso sangat kecewa dengan sikap pimpinan. Kami diharuskan bekerja maksimal, tapi honor tidak dibayar. Terus anak istri saya mau makan apa kalau begini,” keluh pria yang enggan disebutkan namanya ini, Senin (6/3/2017).

Sekertaris RSUD Poso, Reza Rerungan, membenarkan keterlambatan pembayaran ratusan tenaga honor RSUD Poso.

Keterlambatan ini disebabkan menunggu pencairan dan perbaikan SK Bupati akibat adanya penambahan tenaga kontrak baru yang berimbas pada pendataan ulang tenaga kontrak.

“Jumlah tenaga honor RSUD Poso yang belum mendapat gaji lebih dari 300 orang. Selain menunggu pencairan uang, kita juga masih menunggu hasil SK Perbup tentang pembayaran kontrak yang kini sementara diperbaiki di bagian Hukum Pemda Poso,’’ ungkap Reza.

Reza menambahkan, pembayaran honor kontrak tahun ini berbeda dengan tahun lalu. 2016 lalu, sistem pembayaran menggunakan Dana Alokasi Umum (DAU) sehingga selalu lancar.

Tahun ini, pembayaran honor dari APBD Kabupaten Poso.

‘’Sebenarnya ini hanya masalah kecil. Bukan tidak mau dibayarkan, namun kita masih menunggu perbaikan data tenaga kontrak. Apakah ada yang diperpanjang atau diputus mengingat jumlahnya terus bertambah,’’ tutupnya.

Sumber: Kompas.com

Comments

comments

Terpopuler Minggu Ini

To Top