Sulawesi Tengah

Ditjen Kebudayaan Galakan Program Seniman Masuk Sekolah

Direktur Kesenian Ditjen Kebudayaan Dr. Ir Restu Gunawan saat membuka peresmian laboratorium seni dan film di SMU N 4 Palu. (Tri Novian/KabarSelebes.com)

PALU, KabarSelebes.com – Bidang Kesenian Direktorat Jendral Kebudayaan Republik Indonesia, mulai galakkan program seniman masuk sekolah. Program yang menjadi perencanaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ini nantinya akan menargetkan 1.350 sekolah yang akan dijadikan sasaran pelaksanaannya.

Direktur Kesenian, Ditjen Kebudayaan Dr. Restu Gunawan M.Hum mengatakan, program seniman masuk sekolah tersebut sebagai cara membangun dan menanamkan oleh pikir maupun olah rasa di setiap diri siswa yang ada di hampir semua sekolah di Indonesia. Selain itu, mengenalkan dunia kesenian kepada anak didik, karena banyaknya unsur kesenian dan kebudayaan Indonesia sepatutnya untuk terus dijaga.

“Karena itulah, melalui program seniman masuk sekolah, Kemendikbud berharap kedepan akan semakin menumbuhkan semangat berkesian di diri setiap siswa,” ujar Restu Gunawan.

Diharapkanya, agar Dikbud Sulteng dapat mendukung pelaksanaan program tersebut dengan menyerahkan nama-nama sekolah yang dianggap memenuhi syarat melaksanakan program tersebut.

“Beberapa waktu lalu, Kemendikbud teleh mengundang perwakilan Dikbud di semua daerah untuk membahas hal ini. Setelahnya diharap, terlebih Dikbud Sulteng agar segera memberikan rekomendasi sekolah mana saja yang direncanakan masuk dalam program seniman masuk sekolah,” harapnya.

Nantinya dalam praktek, dalam kurun waktu 4 bulan atau sebanyak 32 kali pertemun, setiap siswa akan mendapat pengetahuan terkait kesenian secara lebih komprehensif.

Restu Gunawan menyarakankan agar Sumber Daya Manusianya (SDA) selain guru yang memiliki kompetensi dibidang seni, ikut pula dirangkul para pelaku seni yang ada di daerah masing-masing.

“Saya harap nanti, para gurunya juga bisa diambil dari pelaku seni di Sulteng sendiri,” tutupnya. (tri)

Comments

comments

Terpopuler Minggu Ini

To Top