Sulawesi Tengah

Astaga, Banyak Aset Pemda Poso di Palu Raib

Rujab Pemkab Poso di Palu.(Foto:Mitha/KabarSelebes.com)

PALU, KabarSelebes.com – Setahun lalu pernah ramai diberitakan barang-barang yang ada dirumah jabatan Bupati Poso hilang.

Saat pejabat baru, Darmin Agustinus Sigilipu, yang terpilih pada Pemilu serentak 2015 silam, masuk kerumah dinasnya, kondisi rumah itu dalam keadaan kosong. Padahal berbagai fasilitas telah dianggarkan untuk melengkapi rumah jabatan tersebut.

Sama seperti barang-barang yang ada di rumah jabatan Bupati di Poso, dua jenis barang yang masuk dalam daftar inventaris rumah jabatan Bupati Poso yang ada di kota Palu, juga telah raib.

Kedua barang tersebut adalah satu unit sepeda motor Suzuki Thunder, dan generator alias mesin Genset, yang dibeli pada tahun 2015 silam.

Rumah dinas yang berada di Jalan Saleko II Nomor 1, kelurahan Tatura Selatan, kota Palu, oleh masyarakat Poso dikenal dengan sebutan Rujab dua itu, saat ini telah menjadi kantor perwakilan Pemda Poso di kota Palu.

Dari hasil pendataan yang dilakukan Bagian Umum dan Perlengkapan Sekdakab Poso pada awal Maret 2017, terdapat sejumlah barang inventaris yang kondisix sudah rusak, bahkan sama sekali tidak dapat digunakan.

Barang-barang tersebut adalah sofa, tempat tidur kayu jati, televisi merk Gold Star, empat buah kursi plastik, dispenser merk Miyako, dan kulkas, yang dibeli pada tahun 2005 silam. Sedangkan barang yang masih layak digunakan adalah, satu unit AC 2 PK merk Sharp yang dibeli pada tahun 2015. Lemari pakaian 3 pintu, yang dibeli pada tahun 2005, dan meja biro merk Olympic yang dibeli pada tahun 2006.

Saat dikonfirmasi, Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu, menyatakan bahwa dirinya sudah melihat langsung kondisi aset milik Pemda Poso itu. “Saya sudah cek fasilitas Pemda Poso yang ada di kota Palu,” ujar Bupati Darmin, Jumat (17/3).

Keberadaan Bupati Darmin, di kota Palu dalam rangka kegiatan dinas selaku pimpinan daerah, mengikuti rapat koordinasi dan konsultasi pembangunan perkebunan provinsi Sulawesi Tengah. Kesempatan itu pun dimanfaatkannya untuk mengecek langsung aset milik Pemda Poso di kota Palu.

Terkait aset yang hilang, Kabag Umum dan Perlengkapan Sekdakab Poso, Darmanto.WD, S.Sos mengaku sudah melakukan penelusuran.

Saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Darmanto mengaku sudah mengetahui keberadaan genset dan sepeda motor tersebut. “Saya tau karena ada surat pernyataan dari orang yang menjaga rumah itu atas nama Kartowiyono, yang menyebutkan keberadaan genset pada siapa. Tapi saya konfirmasi kepada yang dimaksud, dia mengaku tidak mengambil barang itu, bahkan tidak tau keberadaan barang yang dimaksud,” jelas Darmanto.

Atas hilangnya barang tersebut, Darmanto mengindikasikan ada nuansa penggelapan barang. “Untuk sepeda motor, informasinya dititipkan pada tetangga. Saya juga sudah mengecek. Dan mereka janji akan dikembalikan sore ini,” tambahnya.

Belum diketahui pasti barang-barang milik Pemda Poso yang dianggarkan untuk mengisi bangunan tersebut sejak tahun 2005 silam. Namun menurut Bupati Darmin, pihaknya akan mengecek apa saja aset yang dimiliki Pemda Poso untuk kebutuhan rumah tersebut.

Dengan tidak tersedianya fasilitas yang ada didalam rumah dinas itu, menurut kabar yang beredar, ada upaya ingin memiliki yang dilakukan oleh oknum  mantan pejabat. (Mitha)

Comments

comments

Terpopuler Minggu Ini

To Top