Tojo Unauna

Aksi Penyelamatan Nelayan Tenggelam di Laut Kepulauan Togean

Aksi penyelamatan nelayan tenggelam yang dilakukan oleh tim gabungan dari Polres, BPBD dan masyarakat. (Mohammad Qadri/KabarSelebes.com)

TOJO UNAUNA, KabarSelebes.com – Satu kapal penangkap ikan tenggelam setelah diterjang badai di tengah laut Kepulauan Togean, Kabupaten Tojo Una-una, Slawesi Tengah pada Selasa (2/3/2017) sekitar pukul 10.00 wita. Dalam peristiwa ini satu orang nelayan tewas dan seorang lagi dinyatakan selamat.

Musibah itu dialami nelayan yang berlayar bersama KM Togean. Kedua nelayan masing-masing bernama Aswad dan Aser. Pertolongan dilakukan oleh Satuan Kepolisian Resort Tojo Unauna bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tojo unauna serta bantuan dari masyarakat setempat.

Ketiga kapal itu tenggelam setelah dihantam ombak setinggi 3 meter di sekitar wilayah Kepulauan Togean.

“Atas dasar laporan masyarakat, kami langsung melakukan pergerakan bersama BPBD Tojo unauna unttuk melakukan penyelamatan terhadap sejumlah korban,” ungkap Kasat Sabhara Polrres Touna, Iptu Imran Ismail.

Ia menyampaikan bahwa, ini merupakan simulasi mingguan yang dilakukan secara gabungan oleh Tim Sar Polres Touna dan Tim Sar BNPB Touna.

Ini dilakukan pada setiap minggunya untuk mempermantap anggota dalam melakukan penyelamatan di laut ketika terjadi adanya orang tenggelam.

Adapun teori yang dilakukan dalam simulasi ini ialah cara melakukan penyelamatan di tengah laut, memberi nafas bantuan serta penyelamatan untuk keselamatan bersama maupun korban dan penolong. (Mohammad Qadri)

Comments

comments

Terpopuler Minggu Ini

To Top