Mikro

Aduh, Harga Cabai di Pasar Ampana Makin Pedas

Cabai di Pasar Tradisional Sentral Ampana. (Mohammad Qadri/KabarSelebes.com)

TOJO UNAUNA, KabarSelebes.com – Harga sejumlah bahan pokok di Pasar Tradisional Sentral Ampana, Kabupaten Tojo Una-una, Sulawesi Tengah, mengalami kenaikkan. Hampir seluruh harga bahan pokok melonjak hingga 50% dari harga jual sebelumnya.

Pasokan cabai dari daerah-daerah sentral produksi berkurang akibat curah hujan tinggi yang menyebabkan suhu udara lembap.

“Suhu lembap itu, dapat menimbulkan serangan hama maupun organisme pengganggu tanaman dan besar kemungkinan itu salah satu alasan harga cabai mengalami kenaikan,” ungkap salah seorang pedagang di Pasar Tradisional Sentral Ampana, Anita.

Ia menyampaikan, bahwa harga jual cabe di Pasar Sentral Ampana sebelumnya Rp.20 ribu per kilo gram, saat ini mengalami kenaikan yang cukup tinggi, yaitu Rp.70 ribu per kilo gram.

Tidak hanya itu, harga bahan pokok lainnya seperti bawang merah dan bawang putih yang sebelumnya Rp.25 ribu per kilo grma, juga ikut melonjak mencapai Rp.50 ribu per kilo gram.

Dari adanya kenaikkan harga bahan pokok, sangat bepengaruh dengan pendapatan pedagang untuk mendapatkan pembeli. Menurutnya, bahan pokok mengalami kenaikan sejak satu minggu terakhir. (mohammad qadri)

Comments

comments

Terpopuler Minggu Ini

To Top