Dunia

Tiga ‘Monster Laut’ Terdampar, Warga Khawatir Pertanda Gempa Besar

Ikan oarfish sepanjang 15 meter yang biasanya hidup di dasar laut dalam, ditemukan terdampar di perairan pantai Cagayan de Oro, Mindanao, Filipina pada Sabtu pekan kemarin. (ABS/RT)

MINDANAO, KabarSelebes.com – Ikan oarfish sepanjang 15 meter yang biasanya hidup di dasar laut dalam, ditemukan terdampar di perairan pantai Cagayan de Oro, Mindanao, Filipina pada Sabtu pekan kemarin.

Peristiwa ini telah memicu kekhawatiran warga lantaran mengaitkannya dengan pertanda bakal terjadi gempa besar di wilayah tersebut.

Adapun ikan yang juga kerap disebut ‘Monster Laut’ ini memang bisa tumbuh cukup besar. Panjangnya bisa mencapai 17 meter.

Ikan ini biasanya ditemukan di kedalaman 200 hingga 1000 meter.

Kekhawatiran warga soal pertanda gempa ini memang cukup beralasan. Salah satu alasannya dalam kurun waktu sebulan terakhir, satu ikan oarfish terdampar di pantai dekat wilayah Agusan del Norte di Pulau Mindanao.

Nelayan menemukannya hanya dua hari sebelum terjadi gempa berkekuatan 6,7 SR pada bulan Februari ini.

Di Jepang, ikan ini bahkan punya julukan legendaris yakni ‘Sang Pembawa Pesan Dewa Laut’.

Secara keilmuan mungkin yang dikatakan Kiyoshi Wadatsumi, seorang ahli ekologi seismolog ini bisa jadi ada kaitannya.

Kepada Japan Times 2010 lalu, ia menjelaskan bahwa ikan ini hidup di dasar laut sehingga ia sangat sensitif dengan berbagai pergerakan lempeng aktif di dasar laut. Kemampuannya jauh lebih besar dibandingkan ikan lainnya yang hidup di permukaan.

Sumber : TRIBUNJOGJA.COM

Comments

comments

Terpopuler Minggu Ini

To Top