Kesehatan

RSU Undata Palu Belum Terakreditasi di KARS

Komisi Akreditasi Rumah Sakit (kars.or.id)

PALU, KabarSelebes.com – Rumah Sakit Umum Anutapura milik Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah, hingga saat ini belum terakreditasi di Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) versi tahun 2012.

Data yang dipublikasi dari website http://kars.or.id, dari sekitar 33 rumah sakit di Provinsi Sulawesi Tengah, baik yang dikelola pemerintah kabupaten/kota, organisasi sosial, TNI/Polri maupun perorangan dan swasta, hanya enam rumah sakit yang mendapatkan sertifikat akreditasi dari KARS.

Wakil Direktur bidang pelayanan RS Anutapura Palu dr. Atika yang dihubungi di Palu, Minggu, membenarkan bahwa Anutapura memang belum terdaftar di webiste http://kars.or.id sebagai rumah sakit terakreditasi.

“Saat ini kami sementara dalam proses pengurusan akreditasi, Ansya Allah bulan April 2017 akan dilakukan pendampingan terakhir oleh pihak KARS,” katanya.

Kemudian, kata dia, pada bulan Juni 2017 atau setelah Idul Fitri, akan dilakukan survey simulasi dan pihak KARS akan menentukan kapan dilakukan survey akhir atau visitasi.

“Di situ akan diketahui tingkatan akreditasi apa yang akan didapatkan oleh RS Anutapura, apakah status akreditasi tingkat perdana, dasar, madya, utama atau paripurna,” ujarnya.

Dia berharap doa dan dukungan masyarakat Kota Palu, agar rumah sakit kebanggan pemerintah Kota Palu itu mendapatkan hasil akreditasi yang maksimal.

KARS merupakan lembaga resmi yang ditunjuk dan berwenang untuk melakukan survei verifikasi dan survei akreditasi, untuk selanjutnya memutuskan predikat akreditasi yang tepat untuk suatu Rumah Sakit.

Sebagai lembaga independen pelaksana akreditasi rumah sakit yang bersifat fungsional dan nonstruktural, KARS bertanggung jawab kepada Menteri Kesehatan RI.

Akreditasi oleh KARS bertujuan untuk memperoleh pengakuan internasional oleh ISQua (International Society Quality in Healthcare) dan masyarakat. Meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit serta meningkatkan keselamatan pasien di rumah sakit.

Enam rumah sakit di Sulteng yang sudah mendapatkan akreditasi KARS yakni RSU Undata Palu mendapatkan surat keputusan 7 November 2016 dan berakhir 6 November 2019, dengan status akreditasi tingkat paripurna atau bintang lima.

RSU Anuntaloko Parigi di Kabupaten Parigi Moutong mendapatkan surat keputusan 8 Desember 2016 dan berakhir 7 Desember 2019, dengan status akreditasi tingkat utama atau bintang empat.

RSU Luwuk di Kabupaten Banggai mendapatkan surat keputusan 19 Desember 2016 dan berakhir 18 Desember 2019, dengan status akreditasi tingkat madya atau bintang tiga.

RSU Morowali di Kabupaten Morowali mendapatkan surat keputusan 29 November 2016 dan berakhir 28 November 2019, dengan status akreditasi tingkat perdana atau bintang satu.

RSU Buol di Kabupaten Buol mendapatkan surat keputusan 14 Desember 2016 dan berakhir 13 Desember 2019, dengan status akreditasi tingkat pertama atau bintang satu.

Rumah Sakit Tk. IV Wirabuana Palu di Kota Palu, medapatkan surat keputusan tanggal 11 November 2016 berakhir 10 November 2019 dengan status akreditasi tingkat perdana atau bintang satu.

Sumber : Antarasulteng.com

Comments

comments

Terpopuler Minggu Ini

To Top