Buol

Puluhan Rumah di Buol Porak-poranda Diterjang Gelombang Pasang

Terlihat warga Kelurahan Buol, Kecamatan Biau, Kabupaten Buol sedang membuat tanggul penahan gelombang, agar ketika air pasang naik dapat diantisipasi.Foto : (Moh Sabran/KabarSelebes.com)

BUOL, KabarSelebes.com – Puluhan rumah di Kelurahan Buol, Kecamatan Biau, Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah pada Senin 13 Februari 2017 malam, disapu gelombang pasang. Akibatnya, sejumlah rumah warga di wilayah itu porak-poranda.

Ayub, salah seorang warga Kelurahan Buol mengungkapkan, dirinya harus rela kehilangan sebagian badan rumah akibat dihantam gelombang air pasang selama kurang lebih tiga jam lamanya. Pasalnya rumah tempat tinggalnya hanya berjarak 100 meter dari bibir pantai.

“Kami sementara memperbaiki bagian rumah yang rusak dengan bahan sisa kayu yang ada, sebenarnya saya ingin memperbaiki malamnya usai dihantam gelombang pasang rob, karena sudah larut malam terpaksa baru hari ini saya memperbaikinya,” ujar Ayub ketika ditemui KabarSelebes.com, Selasa (14/2/2017).

Menurutnya, tingginya gelombang pasang rob membuat dirinya dan para warga yang bermukim di pinggir pantai merasa khawatir jika Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buol khususnya instansi terkait, tidak secepatnya mengambil tindakan dengan melakukan pembangunan kembali tanggul pemecah ombak yang kini telah mengalami kerusakan.

“Ketika gelombang air pasang saya dan warga disini merasa khawatir pak, jika sewaktu-waktu gelombang besar terjadi, takutnya rumah saya rusak lagi,”keluhnya.

Seperti diketahui, selama bulan Januari hingga Februari 2017, Kabupaten Buol dilanda bencana, dimana bencana banjir pada dua pekan lalu menghantam puluhan desa, dan kali ini sejumlah warga yang bermukim disepanjang bibir pantai terkena gelombang pasang Rob.(Moh Sabran)

Comments

comments

Terpopuler Minggu Ini

To Top