Poso

Pulang Kampung, Bupati Poso : Ayi Duta Perdamaian Untuk Semua Orang

Ayi Indonesian Idol Cilik kembali ke Poso dan langsung disambut Bupati Poso Darmin Sigilipu dan Dandim 1307 Poso Letkol Inf Dody Triyo Hadi.(Foto:Mitha/kabarSelebes.com)

POSO, KabarSelebes.com – Setelah melalui perjuangan panjang dan melelahkan di panggung spektakuler Idol Junior 2016, akhirnya idola cilik kebanggaan Bumi Sintuwu Maroso Poso pun kembali menginjakan kaki di tanah kelahirannya.

Dia adalah Ayi, pemilik nama lengkap Abdul Zubair Kadehe. Kepulangannya ke Poso, Senin 27 Februari 2017, hanya sekedar untuk bertemu keluarga dan melepaskan rindu. Setelah itu, Ayi harus kembali lagi ke Jakarta, untuk menyelesaikan rangkaian ajang pencarian bakat Indonesian Idol Junior.

Rombongan idola cilik Ayi di pimpin langsung Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu, dengan didampingi Dandim 1307/Poso Letkol Inf Dody Triyo Hadi.

Mereka tiba di Bandara Kasiguncu Poso, pada Pukul 09.20 Wita, dengan menggunakan pesawat Lion Air. Setibanya di Poso, rombongan disambut dengan tarian adat Poso, dan diberikan pengalungan bunga.

Setelah itu, rombongan langsung menuju kota Poso untuk melakukan konvoi keliling kota. Masyarakat Poso tumpah ruah dijalanan ingin menyaksikan langsung euforia atas kedatangan Ayi.

Dalam iring-iringan, mobil yang membawa Ayi  idola cilik, menggunakan Pajero putih bersama  bupati Poso itu. Sepanjang jalan, pahlawan seni yg telah mengharumkan tana Poso itu mendapat sambutan meriah dari kalangan siswa , guru serta masyarakat yang menyaksikan arak-arakan itu. Mereka melambaikan tangan sembari meriakkan yel-yel hidup Ayi, Maroso.

Perjalanan tersebut memakan waktu sekitar  tiga jam, dan mendapat pengawalan dari Polisi Militer, Kepolisian, TNI, Pol PP dan personil Dishub.

Rombongan tiba di kantor Bupati Poso dan disambut para pegawai serta puluhan masyarakat yang sudah menanti kedatangan Idola cilik kebanggaan tana Poso.

Dalam acara penyambutan itu, Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Poso, atas kerja sama dan dukungannya bersama Pemerintah daerah, sehingga Ayi bisa masuk 3 besar di ajang seni yang bergengsi itu.

“Kita berbangga punya putera daerah yang mampu berjuang untuk mengharumkan tana Poso,” kata Bupati Darmin, seraya meneriakkan yel-yel untuk menyemangati acara penyambutan.

Pada kesempatan tersebut, Bupati juga berpesan kepada idola cilik Ayi, agar dalam perjuangannya kedepan, tidak lupa selalu menyuarakan tentang Poso yang aman dan damai.

Saat ini Ayi bukan lagi hanya milik keluarga, tetapi menjadi milik kita semua. Dalam kesempatan itu, Ayi juga sekaligus dinobatkan sebagai Duta Perdamaian, yang ditandai dengan pemasangan slempang oleh Wakil Bupati Poso.

Bupati juga berharap agar kedepan bisa bermunculan Ayi-Ayi yang lain untuk mengharumkan tana Poso.

Sebelum meninggalkan kantor bupati, idola cilik itu sempat menyanyikan lagu dan berduet dengan bupati Poso. Acara kemudian dilanjutkan idola cilik Ayi ke sekolah, tempat ia belajar dan disambut antusias para guru dan siswa, meskipun hanya beberapa menit, Ayi sempat berbagi pengalaman sekaligus menyampaikan terima kasih atas dukungan teman2, para guru serta masyarakat Poso sehingga Ayi bisa berhasil.

Prosesi penyambutan Ayi, kemudian berakhir di kediaman orang tuanya di kelurahan Lawanga, melalui acara penyerahan secara resmi oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Poso kepada pihak keluarga, yang diwakili Kepala Bagian Humas Sekdakab, Armol Songko, atas nama Bupati Poso. (Mitha)

Comments

comments

Terpopuler Minggu Ini

To Top