Ekonomi

PT. Telkom Dirikan Rumah Kreatif BUMN Ke 15 di Palu

Komisaris Utama PT Telekomunikasi Indonesia melakukan tinjaun di rumah kreatif BUMN.(Foto: Tri Novian/kabarSelebes.com)

PALU, KabarSelebes.com – PT Telekomunikasi Indonesia yang juga badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk ke-15 kalinya mendirikan Rumah Kreatif BUMN. Kali ini rumah kreatif BUMN itu didirikan di Palu.

Rumah kreatif BUMN (RKB) yang merupakan program nasional dari kementerian BUMN terkait diharapkan, dapat menjadi pusat pengembangan bagi pelaku UKM di Sulawesi Tengah Khususnya di Palu.

Komisaris Utama PT Telekomunikasi Indonesia Henry Saparini Kamis (2/1/2017) di rumah kreatif BUMN, jalan Ahmad Dahlan, Palu, mengatakan, tujuan dari pendirian RKB ini selain menjadi pusat pengembangan pelaku UKM, diharapkanya ikut menjadi tempat pembelajaran bagi setiap orang yang ingin menjadi pelaku UKM.

“RKB yang didirikan untuk ke-15 kalinya ini oleh PT Telkom. Yang kami harap bisa menjadi tempat pengembangan dan juga pembelajaran bagi pelaku UKM,” sebutnya.

Ditambahkan Henry, awal pembentukan RKB  dimulai dari kabupaten Labuan Bajo di tahun 2016. Kemudian oleh pihaknya ditargetkan, hingga akhir tahun 2017 akan ada 56 RKB di seluruh wilayah Indonesia.

Cara ini dinilainya potensial untuk memberdayakan para pelaku UKM. Dirinya yang juga pengamat sekaligus peneliti di bidang UKM sejak tahun 90 an menyimpulkan. Tidak berkembangnya para pelaku UKM dibeberapa daerah, lebih disebabkan tidak adanya tempat atau pusat bagi para pelaku UKM.

Mendukung hal tersebut, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulawesi Tengah Drs Asmawir Haji Mutu MM menjelaskan, pembentukan RKB di Kota Palu dianggap menjadi langkah yang baik dalam mendukung pertumbuhan UKM di Sulawesi Tengah.

Asmawir juga menganggap pihak telkom  selama ini sangat memberikan perhatian yang lebih dalam pengembangan UKM.

Hal itu dibuktikan dengan sejumlah program kerja yang telah diwujudkan pihak telkom. Mulai dari keberadaan kampung digital, hingga yang paling baru dengan pembentukan rumah kreatif BUMN.

Kedepan, pihaknya mengharapkan kerjasama seperti ini, dapat terus dikembangkan. Mengingat, pentingnya pertumbuhan UKM sebagai tonggak kemajuan Ekonomi di suatu daerah.(Tri Novian)

Comments

comments

Terpopuler Minggu Ini

To Top