Lifestyle

Mengejutkan, Ini Identitas Titisan Nyi Roro Kidul Calon Istri Pangkalima Kumbang

(Foto : Jawapos.com)

KATINGAN, KabarSelebes.com – Rencana penikahan gaib Pangkalima Burung (Panglima Dayak) dengan seorang wanita yang sempat disebut titisan Nyai Roro Kidul bernama Sri Baruno Jagat Prameswari (dari Merapi), membuat heboh warga.

Pasalnya, pernikahan Gaib yang dilaksanakan Selasa 28 Februari 2017 pukul 08 di kediaman Isay Djudae Desa Telok Kecamatan Katingan Tengah Kabupaten Katingan itu mengundang sejumlah pejabat, termasuk Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Namun ada juga yang menganggap, bahwa pernikahan ini hanya sekedar pengalihan isu terhadap apa yang sudah terjadi di Kabupaten Katingan selama ini.

Dilansir jawapos.com, Jumat (24/2/2017), identitas Sri Baruno Jagat Prameswari kini berhasil terungkap. Mempelai wanita bernama Sri Baruno Jagat Prameswari adalah seorang wanita biasa dan bukan keturunan atau titisan dari Nyai Roro Kidul Ratu Pantai Selatan di pulau Jawa. Sebagaimana disampaikan oleh pihak Damang Kepala Adat Kecamatan Katingan Tengah Isay Djudae (87) sebelumnya kepada wartawan.

Sri Baruno Jagat Prameswari sebenarnya bernama asli Linda Susanti dan usianya 36 tahun berwajah cantik. Sedangkan asalnya dari Magelang Jawa Tengah.

Nah, meski Sri Baruno Jagat Prameswari ini sama seperti manusia biasa, dia ternyata juga memiliki kelebihan lain dan bisa berkomunikasi dengan alam gaib.

Ceritanya, bisa terhubung dengan Pangkalima Burung itu bermula ketika suatu hari Sri Baruno Jagat Prameswari ini mendapat bisikan dan berkomunikasi secara langsung dengan Pangkalima Burung itu sendiri. Sehingga terjadilah kesepakatan untuk melakukan pernikahan dengan adat Dayak.

Lalu bagaimana bisa terpilih lokasi pernikahan di Desa Telok Kecamatan Katingan Tengah? Ini bermula ketika Retno utusan dari Sri Baruno Jagat Prameswari itu mencari orang Dayak asli yang memang bisa menikahkan secara adat Dayak.

Retno ini tidak hanya langsung datang ke Desa Telok saja, sebelumnya dia sudah keliling ke Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, hingga ke Kalimantan Tengah.

Pada saat di Palangka Raya dia bersama supirnya jalan-jalan hingga akhirnya sampai di Katingan dan menuju ke wilayah hulu. Sesampai di Desa Telok itulah, dia menanyakan kepada warga, siapa pemuka Adat di Desa Telok? Dan ditunjuklah Damang Kepala Adat Kecamatan Katingan Tengah Isay Djudae. Hingga akhirnya terjadi pertemuan itu dan menyampaikan niat untuk pernikahan Sri Baruno Jagat Prameswari.

Camat Katingan Tengah Hariawan ketika dikonfirmasi mengatakan, dirinya dengan Kapolsek Katingan Tengah AKP Wahono sudah bertemu secara langsung sehari sebelumnya (Rabu,red) dengan orang yang bernama Retno di Palangka Raya.

Dari pertemuan itu memang ada banyak informasi yang mereka dapatkan dari utusan Sri Baruno Jagat Prameswari yang bernama asli Linda Susanti tersebut. Diantaranya adalah seperti informasi yang didapat Kalteng Pos seperti identitas perempuannya, hingga bisa sampai ke Desa Telok dan akan dinikahkan di desa itu. “Ya ceritanya kurang lebih seperti itu,” katanya kepada Kalteng Pos.

Di tempat yang sama Kapolsek Katingan Tengah AKP Wahono, juga membenarkan cerita itu. Bahkan dia mengaku, sejak mencuatnya pemberitaan di media, Retno menghubungi dirinya lewat telepon.

“Dimana katanya Sri Baruno Jagat Prameswari menyampaikan melalui ibu Retno, bahwa dirinya keberatan jika disebutkan sebagai titisan dari Nyai Roro Kidul. Dia itu hanya orang biasa saja seperti kita ini,” jelasnya.

Dirinya juga sempat menanyakan dengan Retno, apakah ada keturunan Ningrat atau kraton dan lainnya. “Dia mengaku tidak ada. Jadi terkait pernikahan ini, karena undangan memang sudah tersebar, ya kita persilahkan saja,” tegasnya.

Sumber : Okezone.com

Comments

comments

Terpopuler Minggu Ini

To Top