Sepakbola Dunia

Luar Biasa! Pemain Ini Selamatkan Nyawa Kiper Lawan yang Nyaris Tewas

(Foto: Isport.cz)

KabarSelebes.com – Martin Berkovec pantas berterima kasih kepada Francis Kone. Penjaga gawang klub Bohemians 1905 itu nyaris saja tewas jika Kone tidak mengambil inisiatif cepat melakukan pertolongan pertama.

Peristiwa penyelamatan pemain sepakbola terhadap pemain lawan ini terjadi di Divisi Utama Liga Republik Ceko saat Bohemians menghadapi Slovacko yang berakhir imbang 0-0, kemarin.

Ya, Kone (26) pantas dijuluki pahlawan. Pemain asal Togo ini langsung betindak menolong Berkovec seusai kiper ini bertabrakan dengan rekan setimnya Daniel Krch saat akan mengamankan gawangnya dari serbuan lawan.

Benturan keras yang mengenai wajah Berkovec membuat penjaga gawang berusia 28 tahun ini langsung terkapar di lapangan. Insiden ini terjadi saat pertandingan memasuki menit ke-28.

Kone yang menyaksikan kejadian itu langsung bertindak menghampiri Berkovec dan melihat lidah kiper itu tertelan. Tanpa menunggu komando, Kone langsung menarik lidah Berkovec agar tak tertelan.

Upaya Kone berhasil sehingga nyawa Berkovec pun terselamatkan. Seusai tindakan luar biasa itu barulah tim kesehatan masuk ke lapangan untuk memberikan pertolongan lanjutan.

Apa yang dilakukan Kone langsung mendapat pujian. Berkovec sendiri secara pribadi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kone yang telah menolong dan menyelamatkan jiwanya. Dalam akun Facebooknya Berkovec menulis, “Saya ingin berterima kasih kepada Francis Kone untuk penyelamatan darurat dalam pertandingan hari ini … Saya gembira atas bantuan yang dia berikan. Terima kasih!” kata Berkovec.

Penjaga gawang ini menghabiskan malamnya di sebuah rumah sakit lokal setelah menjalani pemeriksaan CT Scan. Ia pun harus melakukan pemulihan sebelum dinyatakan dokter dapat kembali bermain.

Pelatih Slovacko, Michal Kordula tak lupa memberikan pujian kepada Kone atas tindakan yang dilakukannya. “Saya berharap anak-anak dalam keadaan baik-baik,” katanya dalam sebuah konferensi pers.

Kordula mengungkapkan, dirinya mendapat laporan bahwa saat kejadian menimpa Berkovec ada Kone yang memberikan bantuan. “Ini adalah sebuah tindakan bagaimana seharusnya pemain dapat bersikap terhadap pemain lainnya,” lanjut Kordula.

Yang menarik adalah, ternyata apa yang dilakukan Kone dalam menolong pemain yang sekarat di lapangan bukan baru kali ini saja. Menarik lidah pemain yang mengalami kejadian mengerikan di lapangan merupakan tindakan keempat kalinya sepanjang kariernya sebagai pesepakbola.

Kepada wartawan Kone mangungkapkan, hal serupa pernah dilakukan saat bermain di Afrika dan Asia. “Saya sudah empat kali melakukan hal yang sama. “Satu kali saya lakukan saat di Thailand dan dua kali di Afrika. Saya selalu memeriksa pemain untuk memastikan mereka tidak menelan lidahnya saat mengalami kejadian seperti itu,” Kone menceritakan.

Sumber : Offside.co.id

Comments

comments

Terpopuler Minggu Ini

To Top