Nasional

Kini, Melapor ke Polisi Cukup Melalui Aplikasi

Aplikasi Polisiku di Google Playstore

PALU, KabarSelebes.com – Saat ini sejumlah upaya guna menjadikan pelayanan dari kepolisian lebih baik lagi, terus dilakukan. Salah satunya, dengan meluncurkan aplikasi layanan online yang dapat didownload secara gratis melalui google playstore.

Aplikasi yang diberi nama Polisiku, diungkapkan Kepala Bagian Kriminal Teknologi dan Informasi Polda Sulteng, Ferry, diluncurkan atas inisiasi dari kepolisian Republik Indonesia.

Terkait hal ini, setiap Polda di seluruh Indonesia termasuk di Sulawesi Tengah wajib menjalankan serta merealisasikan penggunaan dari aplikasi tersebut.

“Jadi ini merupakan layanan yang diluncurkan Mabes Polri, agar kepolisian dapat lebih profesional dalam melayani segala keluhan masyarakat,” ungkap Ferry Selasa (21/2/2017) di Polsek Palu Timur.

Lanjut Ferry, dalam aplikasi ini sendiri, selain dapat mengakses lokasi setiap polda yang ada di seluruh Indonesia termasuk di Sulawesi Tengah, masyarakat kata dia, dapat pula memanfaatkannya untuk melihat identitas diri dari setiap polisi yang bertugas.

Bukan hanya itu, berbagai macam bentuk laporan baik itu kehilangan, tindak pidana, serta sejumlah tata cara pembuatan SKCK dan juga SIM ikut pula bisa diakses melalui layanan ini.

“Untuk layananya, bisa berbagai macam, masyarakat ingin tahu mengenai lokasi polda di setiap daerah, atau masyarakat ingin melaporkan sejumlah kasus, baik itu pencurian, tindak pidana ke semuanya bisa melalui layanan ini,” sebutnya.

Hanya saja, untuk saat ini Polda Sulteng masih akan fokus untuk di wilayah Kota Palu dalam menjalankan fungsi aplikasi ini.

Sedangkan untuk wilayah polda yang lain, kata dia, pihaknya menyerahkan sepenuhnya ke masing-masing pimpinan di polda tersebut.

Hal itu dianggapnya, karena layanan ini sendiri memiliki keterbatasan dalam jumlah pengaksesnya. Selain mengutamakan masyarakat pengguna telpon pintar atau smartphone, keterbatasan akses internet di setiap daerah, menjadikan layanan ini tidak berjalan maksimal.

Meskipun begitu, dirinya optimis, layanan pelaporan yang masuk di aplikasi POLISIKU, dapat dimanfaatkan oleh masyarakat kota Palu.

Disarankanya juga, bagi setiap pengguna telpon pintar untuk segera mendownload serta memanfaatkan penggunaan dari aplikasi yang dimaksud.

“Kami juga menyarankan, bagi setiap pengguna smartphon di kota Palu, untuk dapat mendownload serta memanfaatkan layanan ini,” tutupnya.(Tri Novian)

Comments

comments

Terpopuler Minggu Ini

To Top