Pelesir

Keunikan Obyek Wisata “Sate Mobil” di Palu Pikat Ribuan Pengunjung

Sate Mobil yang terletak di Kelurahan Donggala Kodi, Kecamatan Ulujadi, Kota Palu SUlawesi Tengah. (Faiz Sengka/KabarSelebes.com)

PALU, KabarSelebes.com – Biasanya yang ada dalam benak kita, nama Sate adalah salah saju jenis makanan yang berbahan dasar daging. Namun berbeda dengan obyek wisata yang satu ini. Sate yang dimaksud, bukanlah berbentuk sajian makanan, melainkan sebuah mobil bekas yang disusun dari sebuah besi yang menjadi penyangganya meyerupai bentuk sate.

Berlokasi di Kelurahan Donggala Kodi, Kecamatan Ulujadi, Kota Palu, Sulawesi Tengah, “Sate Mobil” sangat menarik minat para wisatawan lokal khususnya Kota Palu dan sekitarnya. Pasalnya, baru tiga bulan lebih dibuka, obyek wisata satu ini sudah dikunjungi oleh ribuan wisatawan lokal per pekannya. Bahkan, sudah beromset ratusan juta rupiah per bulannya. Luar biasa bukan??

Selain “Sate Mobil” yang menjadi icon utama obyek wisata ini, juga terdapat puluhan mobil antik yang terpanjang di setiap sisi lokasi. Diataranya jenis mobil Morris yang diproduksi tahun 50-an buatan Amerika Serikat, ada Mercy produksi tahun 60-an serta puluhan jenis mobil antik lainnya. Bukan hanya itu, di lokasi ini juga ada beberapa koleksi motor anntik yang tak kalah tuanya.

Pengunjung “Sate Mobil” tampak ramai berdatangan mulai pukul 15.00 wita hingga 19.00 wita. (Faiz Sengka/KabarSelebes.com)

Haji Tadjuddin, merupakan pemilik Obyek Wisata Sate Mobil ini mengaku bahwa ide membuat sate mobil ini berawal dari hobinya mengoleksi kendaraan antik khususnya mobil. Sehingga, muncul idenya untuk membangun sebuah lokasi wisata bernama Sate Mobil.

“Rencanan pembuatan obyek wisata ini sudah sejak tiga puluh tahun silam dan baru tahun ini terealisasi. Ide ini berawal saat saya hobi koleksi mobil antik, tiba-tiba, teman saya bilang, untuk apa dikumpul mobil banyak-banyak, mau disate? sehingga mucul ide buat sate mobil,” aku Tajudin.

“Saya juga kaget kok tiba-tiba banyak pengunjungnya, ternyata yang menarik minat pengunjung ini adalah sate mobil, ternyata memang sate mobil ini baru di sini yang ada, bahkan di dunia,” tambahnya.

Untuk masuk ke lokasi ini, pengunjung hanya mebayar Rp10.000 per orang. Di dalam lokasi pengunjung juga disediakan aneka makanaan dengan pelbagai varin harga tentunya.

Bukan hanya sate mobil dan mobil antik saja, di lokasi ini pengunjung juga dimanjakan dengan pemandangan Kota Palu secara lanscape. Lokasinya yang berada di pegunungan, menambah daya tarik obyek wisata ini

“Tempat ini unik, selama ini saya baca diberita ada mobil sate, sehingga saya penasaran ingin ke tempat ini,” ujar salah satu pengunjung, Firman.

Meskipun baru hitungan bulan dibangun, obyek wisata ini sudah mulai viral di media sosial, Pasalnya, di lokasi pengunjungnya bukan hanya bersal dari Kota Palu saja, namun ada pula yang bersal dari luar pulau Sulawesi. Salah satunya, Niaciang, pengunjung asal Surabaya ini mengaku baru pertama kali melihat obyek wisata seperti “Sate mobil”.

Menurutnya, sate mobil merupakan obyek wisata satu-satunya di indonesia dengan mengangkat mobil bekas sebagai icon utamanya.

“Baru kali pertama kesini dan ternyata di sini indah dan sangat unik Karena ada mobil sate, saya rasa ini baru pertama ada di indonesia, saya sempatkan ke sini ternyata benar, keren pokoknya,” jelas Niaciang.

Untuk menambah daya tarik pengunjung, kedepannya Haji Tadjuddin selaku pemilik akan melakukan pengembangan obyek wisata miliknya itu diantaranya dengan membuat ruangan VIP berbentuk pesawat terbang dan kebun binatang.

“Saya rencananya membuat pengembangan yang luasnya kurang kebih 25 hektare, ada wahanan outbound adan waterboom, pokoknya macam-macam yang dapat menarik minat pengunjung,” tuturnya Tadjuddin.

Berikut Foto-Fotonya :

Lokasinya yang berada di pegunungan dan udara yang sejuk membuat para pengunjung betah berlama-lama di lokasi ini. (Faiz Sengka/KabarSelebes.com)

 

Selain sate mobil, di lokasi ini juga dipamerkan puluhan mobil classik. (Faiz Sengka/KabarSelebes.com)

 

Para pengunjung saat mengabadikan momen dengan mengambil latar belakang “Sate Mobil”. (Faiz Sengka/KabarSelebes.com)

Comments

comments

Terpopuler Minggu Ini

To Top