Pilkada

Jelang Pilkada Serentak 2017, Panwaslu di Buol dan Bangkep diberi Pelatihan

Ilustrasi

PALU, KabarSelebes.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Tengah, belum lama ini melakukan pelatihan terhadap sejumlah panitia pengawas pemilu di dua Kabupaten yaitu Buol dan Banggai Kepulauan. Hal itu dilakukan guna menjadikan anggota Panwaslu di Kabupaten tersebut menjadi lebih berkualitas dalam menjaga pelaksanaan Pilkada serentak pada tahun 2017 ini.

“Untuk Panwaslu, kami sudah rekrut dan kemarin belum lama kami gelar pelatihanya,” terang Komisioner Bawaslu Sulteng, Asrifai S.Ip, M.Si di Kantor Bawaslu Sulteng, Jalan Kolonel Sugiono, Kota Palu, Jumat (3/1/2017).

Asrifai menerangkan, terkait pembentukan anggota Panwaslu sendiri, telah diatur dalam Peraturan Perundang-undangan No.10 tentang pelaksanaan pemilihan kepala daerah. Sehingga, kata dia, pembentukanya menjadi hal yang wajib di setiap pelaksanaan pilkada.

Dia menambahkan, untuk masa kerja dari anggota Panwaslu sendiri, yaitu selama satu bulan, terhitung dari 23 hari sebelum pelaksanaan pilkada dan tujuh hari pasca pilkada.

Mengenai jumlahnya, meskipun tidak disebutkan secara terperinci, Asrifai menyebut bahwa jumlah keanggotaan dari setiap Panwaslu di daerah tergantung dari jumlah Desa, Kecamatan serta TPS yang ada di daerah tersebut.

“Semisal, di tingkat Kabupaten ada tiga orang petugas pengawas, tingkat Desa ada satu orang pengawas, Kecamatan ada tiga pengawas dan terakhir di TPS ada satu orang pengawas,” tandasnya. (Tri Novian)

Comments

comments

Terpopuler Minggu Ini

To Top