Parigi Moutong

Izin Operasi Kapal Penangkap Ikan di Parimo Dialihkan ke Pemprov

Ilustrasi Kapal Pengangkap Ikan (Antarafoto)

PARIGI MOUTONG, KabarSelebes.com – Izin pengoperasian kapal penangkapan ikan untuk wilayah Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) sudah menjadi kewenangan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng). Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Kabupaten Parimo, Sabarudin Killis kepada KabarSelebes.com di ruang kerjanya, Selasa (7/2/2017).

Ia mengatakan, pengalihan kewenangan tersebut pasca penerapan Undang Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014. Dalam UU baru tersebut kata dia, menyebutkan tentang sebagian kewenangan perikanan kabupaten dialihkan ke provinsi seperti pengawasan pada bidang kelautan, konservasi dan perizinan.

Namun, pihaknya hanya dapat menangani persoalan tekhnis bagi kapal penangkapan ikan yang memiliki daya tampung hasil tangkap sebesar lima Gross Tonnage (GT).

“Dislutkan hanya dapat memberikan rekomendasi saja bagi pihak yang ingin mengurus izin,” ujarnya.

Sabarudin menambahkan, saat bidang di dinas yang dipimpinnya itu hanya tersedia tiga bidang saja, yakni Pemberdayaan Nelayan, Perizinan dan Penyelenggara TPI serta Usaha Budidaya. (Roy Lasakka)

Comments

comments

Terpopuler Minggu Ini

To Top