Parigi Moutong

Dinas Kesehatan Parimo Diminta Serius Tangani Kasus Kanker

Wakil Bupati Parimo, Badrun Nggai saat jalan santai bersama sejumlah pejabat di lingkup Pemkab Parimo pada peringatan hari Kanker se-Dunia. (Humas Pemkab Parimo)

PARIGI MOUTONG, KabarSelebes.com – Dalam rangka peringatan hari Kanker se-Dunia, Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, melalui Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan serta Tim penggerak PKK Parimo melaksanakan kegiatan jalan santai dan apel bersama diikuti oleh sejumlah pegawai di lingkup Pemkab Parimo, Jumat (10/2/2017). Kegiatan dilanjutkan dengan penanaman bibit cabe (rica) serentak di halaman pekarangan Badan Ketahanan Pangan Parimo.

Wakil Bupati Parimo, Badrun Nggai, didampingi Ketua tim PKK, Noorwachida Prihatini S. Tombolotutu dan pejabat SKPD lainnya, mengawali penanaman bibit cabe (rica) tersebut di lokasi area lahan kantor Ketahanan Pangan tersebut.

Dalam arahannyam, Wabup Badrun Nggai menyampaikan, dalam rangka peringatan hari Kanker se-Dunia dan gerakan tanam cabe (rica) serentak tersebut, bertujuan untuk mewujudkan ketahanan pangan keluarga.

Kata Badrun, dalam peringatan hari Kanker se-Dunia, berdasarkan data global pada tahun 2012, sebanyak 14,1 juta kasus penderita kanker di dunia setiap tahunnya. Dan 8,2 juta diantaranya, meninggal dunia.

Menurutnya, diperkirakan akan meningkat lagi pada tahun mendatang. Sehingga kata Badrun, perlu adanya perhatian serius oleh pemerintah khususnya Pemkab Parimo untuk penanganan secara dini. Yaitu dengan adanya sosialisasi ke Kecamatan-kecamatan maupun di Desa-desa tentang penyebab terjadinya penderita kanker pada manusia.

“Serta perlu dilakukan pemeriksaan secara rutin tiap tahunnya, karena penyakit kanker adalah penyakit yang sangat serius dan sedikitnya penyakit tersebut bisa disembuhkan, bahkan sedikit pula yang bisa diselamatkan dari penyakit tersebut,” ungkap Badrun.

Untuk itu, Badrun Nggai menekankan kepada Dinas Kesehatan Parimo agar dapat mencegah dari awal, dengan mensosialisasikan kepada masyarakat.

“Sehingga, masyarakat banyak lebih tau apa penyebabnya terjadinya penyakit kanker tersebut. Sehingga bisa cepat teratasi, karena dengan mencegah akan lebih baik dari pada mengobatinya,” tutut Badrun.

Untuk menurunkan angka penderita Kanker setiap tahunnya jelas Badrun, dalam mendukung sasaran strategis penanggulangan penyakit Kanker Nasional, telah telah disusun oleh Pemerintah mulai tahun 2017 sampai 2019.

“Yaitu kanker bisa dicegah dengan cara pola hidup sehat dan cerdik. Kanker juga bisa disembuhkan pada stadium dini, yakni dengan cek rutin secara dini, enyahkan asap rokok, rajin aktifitas fisik, diet seimbang, dan kelola stress,” tandasnya. (Humas Pemkab Parimo)

Comments

comments

Terpopuler Minggu Ini

To Top