Gorontalo

Dihantam Hujan, Jalur Gorontalo – Buol Putus Total

Jalan penghubung Gorontalo dan Buol ambles (Foto: Santi/Antara)

GORONTALO, KabarSelebes.com – Ruas jalan yang menghubungkan Gorontalo dan Buol terpaksa tidak bisa dilalui. Poros utama yang terletak di Desa Puncak Mandiri, Sumalata, Kabupaten Gorontalo Utara, Gorontalo amblas dan terputus Sabtu (25/2/2017).

Akibatnya, ratusan kendaraan yang akan menuju ke Sulawesi Tengah dan sebaliknya tertahan. Jalan trans Sulawesi yang menghubungkan Gorontalo dan Buol Sulawesi Tengah ini putus akibat dua titik jalan yang amblas. Selain itu terdapat 33 titik longsor yang disebabkan oleh hujan lebat yang melanda daerah tersebut.

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Gorontalo Utara Roni Bumulo, direncanakan perbaikan jalan yang amblas pada ruas jalan Desa Puncak Mandiri, Kecamatan Sumalata baru akan rampung pada tiga hari ke depan.

“Peralatan jembatan bailey atau jembatan konstruksi rangka baja ringan berkualitas tinggi diperkirakan akan tuntas dikerjakan pekan depan atau sekitar tiga hari,” kata Roni Bumolo Minggu (26/2/2017) seperti dikabarkan Kumparan.com.

Sekitar 16 meter panjang jalan yang ambles, kata Roni, sulit diperbaiki dalam waktu singkat mengingat kendala distribusi peralatan karena banyak titik longsoran menuju wilayah barat di kabupaten yang ada di bagian utara Provinsi Gorontalo ini.

Camat Sumalata Efendi Mobilingo mengatakan, masyarakat dari Kecamatan Sumalata, Biawu hingga Tolinggula terpaksa melewati jalur laut menggunakan perahu pelang untuk bisa menjangkau wilayah menuju pusat ibu kota kabupaten setempat.

Pemerintah kecamatan dibantu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Taruna Siaga Bencana (Tagana) serta Koramil dan Polsek setempat, menempatkan perahu karet dan kendaraan operasional serta ambulans untuk menyebrangkan masyarakat melalui laut, jika terdapat kondisi mendesak, seperti pasien rujukan ke RSU daerah.

Pihaknya berharap pemerintah kabupaten dan provinsi menyegerakan perbaikan jalan yang ambles serta titik longsor terparah di Desa Kikia yang belum terbuka.

Comments

comments

Terpopuler Minggu Ini

To Top