Sigi

Dianggap Hanya Habiskan Energi, Pansus DPRD Sigi Dibubarkan

Suasana pansus di DPRD Sigi.(Foto: Tri Novian)

SIGI, KabarSelebes.com – Panitia khusus (pansus) terkait perubahan atas rancangan peraturan DPRD Kabupaten Sigi  No. 1 tahun 2014 tentang tata tertib DPRD, akhirnya dibubarkan.

Pansus tersebut dibubarkan selain dikarenakan masa kerja yang telah selesai, ketentuan tersebut didasarkan pada hasil sidang paripurna DPRD Kabupaten Sigi.

Meskipun begitu, untuk hasil perubahan terhadap rancangan peraturan No 1 tahun 2014 terkait tata tertib DPRD kabupaten sigi.

Menurut Pimpinan Sidang Djamaluddin L Nusu, pembubaran itu didasarkan pada hasil sidang untuk beberapa pasal yang akhirnya diterima oleh anggota dewan Sigi. Diantaranya, terkait pasal 78 A mengenai ketentuan untuk menyanyikan lagu kebangsaan indonesia Raya di setiap sidang paripurna.

“Jadi memang untuk pasal perubahan semisal ketentuan untuk menyanyikan lagu indonesia raya. Disetiap sidang paripurna, telah disepakati,” terang Djamaluddin Rabu, (1/2/2017).

Hanya saja untuk sisa perubahan lainnya, masih harus menunggu perubahan peraturan pemerintah No 18 tahun 2016 terkait perangkat daerah.

Karena hal itu, keberadaan panitia khusus yang oleh sebagian besar anggota dewan, dianggap hanya menghabiskan waktu dan energi saja. Sehingga  keberadaan pansus terkait perubahan peraturan DPRD no 1 tahun 2014 disepakati untuk dibubarkan.

“Jadi karena peraturan no 18 tahun 2016, masih harus diubah dipusat. Untuk peraturan DPRD kabupaten sigi no 1 tahun 2014, belum bisa untuk diubah. Sehingga, keberadaan pansus mesti harus dibubarkan saja, ketimbang menghabiskan waktu,” tandasnya.(Tri Novian)

Comments

comments

Terpopuler Minggu Ini

To Top