Parigi Moutong

Demi Selamatkan Aset Desa, APDESI Tandatangani Kerja Sama dengan Kejari Parimo

Penandatanganan MoU antara APDESI dan Kejari Parigi Moutong.(Foto: Humas Pemkab)

PARIGI, KabarSelebes.com – Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) menandatangani kesepakatan bersama dengan Kejaksaan Negeri Parigi Moutong. Penandatanganan nota kesepakatan tersebut dilakukan dalam rangka pemulihan /penyelamatan keuangan dan aset milik desa (negara) Kamis (2/2/2017).

Kepala Kejaksaan Negeri Parigi Moutong Jurist Precisely SH.MH mengatakan pihak kejaksaan sudah berkomitmen untuk melakukan pedampingan bimbingan untuk membantu APDESI dalam menjalankan hasil kepesakatan tersebut.

“Jangan sampai sudah ada MoU merasa kebal hukum. Itu semua tidak betul. Jadi kita mohon apa yang kita sepakati dalam rangka pengunaan keuangan desa bisa berjalan dengan lancar,” kata Jurist Precisely.

Ketua DPRD Parigi Moutong Santo mengatakan bahwa APDESI telah membantu Bupati Parigi Moutong menjalankan roda pemerintahan daerah. Santo juga mengapresiasi bupati dan Kajari Parigi Moutong yang mendorong kerjasama hingga melahirkan MoU.

“Sebelum bapak kepala desa terkena pelangaran hukum, tentunya bapak sudah diingatkan oleh pak Kajari. Oleh karna itu diharapkan kepada seluruh kepada desa agar supaya banyak-banyak bertanya tentang hal-hal yang bersentuhan langsung dengan hukum,” kata Santo.

Bupati Parigi Moutong H Samsurizal Tombolotutu mengatakan APDESI adalah organisasi profesi yang dibentuk dalam rangka mengatur penyelenggaraan pemerintahan umum secara bertahap, khususnya dalam bidang penyelenggaraan tata kelola pemerintah desa, pemberdayaan masyarakat desa dan pelaksanaan pelayanan publik bagi warga masyarakat desa.

APDESI bertujuan menciptakan iklim yang kondusif terhadap pelaksanaan kerjasama antara pemerintah desa untuk memfaatkan peluang yang bersekala nasional, regional dan global guna kepentingan desa dalam rangka meningkatkan kesejahteraan, kemakmuran dan kemaslahatan masyarakat desa sesuai dengan amanat pembukaan undang – undang dasar 1945.

“Saya sengaja menggandeng pihak kejaksaan dalam kegiatan ini, sebagai bentuk tindakan preventif, agar keuangan desa yang dikelola oleh aparat desa yang tergabung dalam APDESI bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kemaslahatan masyarakat di desa,” kata Samsurizal.(Fadel/Humas Pemkab)

Comments

comments

Terpopuler Minggu Ini

To Top