Pilkada

Bantu Amankan Pilkada, Ratusan Brimob Kaltim Tiba di Palu

Kapolda Sulteng menyalami salah satu personil BKO dari Polda Kalimantan Timur saat tiba di Bandara Mutiara Sis Aldjufrie Palu, Sulawesi Tengah, Senin (13/2/2017) pagi tadi sekitar pukul 08.00 wita. (Tri Novian/KabarSelebes.com)

PALU, KabarSelebes.com – Ratusan personel BKO dari Satuan Brimob Polda Kalimantan Timur, tiba di Bandara Mutiara Sis Aldjufrie Palu, Sulawesi Tengah, Senin (13/2/2017) pagi tadi sekitar pukul 08.00 wita.

Pasukan yang berjumlah 210 personel atau setara 2 Satuan Setingkat Kompi (SSK) ini, direncanakan untuk diperbantukan sebagai petugas keamanan jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) 15 Februari mendatang di dua Kabupaten di Sulawesi Tengah yaitu Buol dan Banggai Kepulauan.

Kapolda Sulteng, Brigjen Pol Rudy Sufahriadi menyebutkan, dari 210 personil, masing-masing untuk dua daerah akan menempatkan 100 personel.

Pada ini juga, setelah beberapa menit beristirahat, ratusan personil itu langsung dijemput menuju daerah masing-masing tempat bertugas dengan menggunakan 9 angkutan Bus.

Lebih lanjut kata Rudy, penambahan pasukan ini merupakan inisiasi dari Polda Sulteng kepada Mabes Polri.

Untuk lama tugasnya sendiri kata Rudy, pasukan bantuan ini akan bertugas sebelum dan sesudah beberapa pilkada selesai dilaksanakan.

“Jadi petugas ini, akan bertugas sampai beberapa hari pilkada selesai dilaksanakan,” jelasnya.

Saat ditanya terkait potensi ancaman dari dua kabupaten yang akan melaksanakan pilkada tersebut, kata Rudy bahwa saat ini kedua daerah tersebut masih dalam keadaan kondusif. Meskipun tidak dipungkirinya bahwa Buol maupun Banggai Kepulauan masih kerap terjadi insiden seperti beberapa waktu lalu yang terjadi.

Mengantisipasi hal yang sama, dirinya memastikan pihaknya akan melakukan pemantauan secara langsung pada hari pelaksanaan pencoblosan.

Saat ini, Wakapolda Sulteng telah berada di Kabupaten Banggai Kepulauan untuk melakukan koordinasi dengan Polres setempat untuk mencegah potensi konflik terjadi antara massa yang satu dengan massa yang lainnya.

Sementara Kapolda Sulteng sendiri akan mengunjungi Buol pada hari voting day nanti untuk melakukan koordinasi secara langsung terhdap kemanan di daerah tersebut. (Tri Novian)

Comments

comments

Terpopuler Minggu Ini

To Top