Kesehatan

Turunkan Berat Badan dengan Cara Cepat, Lakukan Ini Saat Olahraga

Ilustrasi olahraga. (Pixabay/Skeeze)

KabarSelebes.com – Jika Anda berpikir dapat memangkas kelebihan lemak dengan lebih lama menghabiskan waktu berolahraga, maka itu hanya mitos saja. Karena kunci utama membakar lemak adalah dengan mengetahui kapan Anda boleh makan dan tidak di sekitar waktu olahraga Anda.

Dan ini sangat tergantung juga pada jenis kelamin Anda. Petunjuknya adalah pria harus berolahraga sebelum sarapan dalam keadaan perut kosong. Sementara wanita harus mengisi perut dengan porsi makanan yang ringan kemudian harus menunggu setidaknya 90 menit setelah berolahraga untuk makan kembali.

Dilansir laman Metro.co.uk, sebuah penelitian di tahun 2010 yang dilakukan oleh Belgium National Institute of Health merekam penurunan lemak pada 12 pria muda dan menemukan bahwa ada penurunan lemak yang siginifikan pada mereka yang berolahraga dalam keadaan perut kosong.

Tahun lalu, tim ilmuwan dari program Trust Me I’m A Doctor di The BBC melakukan penelitian serupa dan menemukan bahwa pria membakar lebih banyak lemak ketika berolahraga dalam perut kosong. Sementara wanita lebih banyak membakar lemak dalam tiga jam setelah berolahraga dan mendapatkan hasil lebih baik jika makan sedikit sebelumnya.

Hasil penelitian ini menemukan bahwa pria membakar delapan persen lebih banyak lemak jika mereka makan setelah berolahraga. Sedangkan wanita membakar 22 persen lebih banyak jika makan sebelumnya.

Dr Adam Collins dari University of Surrey menjelaskan, perbedaan ini disebabkan oleh cara pria dan wanita membakar dan menyimpan lemak tidak sama.Pria cenderung lebih berotot, sedangkan wanita memiliki lebih banyak lemak di area pinggul, bokong, dan perut. Lemak tersebut lebih baik dilepaskan dalam bentuk asam lemak ke dalam darah, hormon berbeda yang artinya lemak bisa menjadi lebih baik dan hemat dalam menyimpan glukosa dan membakar lemak.

“Jika wanita ingin memaksimalkan pembakaran lemaknya, mereka setidak harus menunggu selama 90 menit setelah olahraga sebelum makan. Jadi, jangan makan sarapan langsung setelah berolahraga,” imbuh Dr Collins.

Beberapa makanan yang baik dikonsumsi sebelum olahraga meliputi yoghurt dan pisang, roti gandum dengan potongan pisang dan kayu manis, smoothie atau buah dan oats.

© VIVA.co.id

Comments

comments

Terpopuler Minggu Ini

To Top