Tojo Unauna

Ratusan Warga Togean Desak Pemekaran Kabupaten Kepulauan

Aksi massa kepulauan Togean meminta pemekaran.(Foto:Moh Qadri/KabarSelebes.com)

AMPANA, KabarSelebes.com – Ratusan warga Kepulauan Togean yang tergabung dalam Forum Peduli Pemekaran Kepualauan (FP2A) Kabupaten Tojo Unauna mendesak pemerintah daerah bersama DPRD setempat untuk segera memekarkan Kepulauan Togean mejadi kabupaten baru, Kamis (12/01/2017).

Kedatangan warga kepulauan itu juga diikuti oleh sejumlah aparat desa di Kepulauan Togean.

Massa yang dipimpin korlap Mohammad Safaat meminta Pemda dan DPRD harus memperhatikan segi pelayanan yang merata.  Namun yang terjadi justru pelayanan tidak maksimal sehingga warga kepulauan meminta agar segera dilakukan pemekaran Kabupaten Kepulauan.

“Wilayah kepulauan punya aset pariwisata yang memadai namun potensi tsb blm menimbulkan efek terhadap peningkatan perekonomian masyarakat kepulauan, bahkan untuk menunjak PAD blm maksimal. Kebutuhan masyarakat kepulauan semakin meningkat seperti BBM, gas dan minyak tanah, sementara program peningkatan perekonomian belum berjalan optimal,” kata Safaat.

Sementara itu,  Sekretaris Daerah Tojo Unauna Taslim Supu yang menemui massa menyampaikan dukungannya terhadap pemekaran kepulauan Togean untuk dijadikan kabupaten. Hal itu kata Taslim untuk mempermudah masyarakat kecil mengurus segala sesuatu yang dibutuhkan, seperti mengurus KTP dan lain-lain.

“Sebelumnya Bupati Tojo Unauna Mohammad Lahay juga merespon untuk pembentukan memekarkan kepulauan Togean,” tuturnya.

Tuntutan pemekaran yang dilakukan oleh ratusan warga kepulauan Togean ini juga mendapatkan respon dari sejumlah anggota DPRD Tojo Unauna. Hal tersebut terlihat saat sejumah wakil rakyat itu bertanda tangan di kain putih yang membuktikan menyetujui untuk pemekaran.(Moh.Qadri)

Comments

comments

Terpopuler Minggu Ini

To Top