Properti

Belum Punya Rumah? Yuk Ketahui Cara Mengajukan KPR Dengan Mudah

Unit perumahan di Palu. (Foto:Jurnalsulteng.com)

JAKARTA, KabarSelebes.com – KPR atau Kredit pemilikan Rumah adalah inovasi yang tengah berkembang di masyarakat. Ketika menginginkan rumah, hanya dengan DP Rp 5 juta saja Anda sudah bisa memiliki rumah impian. Tempat tinggal merupakan kebutuhan pokok manusia selain pangan dan sandang. Jadi, sebagian besar orang selalu menginginkan rumah sendiri tanpa harus menumpang di rumah orang tua atau kerabat.

Anda yang sudah memiliki penghasilan dengan minimal Rp 3 juta anda sudah bisa memiliki rumah tanpa harus menabung hingga bulanan bahkan tahunan. Bayangkan saja harga properti semakin lama semakin tinggi dan kita masih sibuk menabung. Cara ini dinilai kurang efektif jika anda melakukan tabungan secara konvensional.

Contohnya: tahun ini harga rumah sederhana Rp 200 juta dan anda menabung sedikit demi sedikit sebulan Rp 500 ribu, ketika jumlah tabungan anda mencapai Rp 200 juta akibat inflasi harga rumah sederhana tersebut tidak lagi Rp 200 juta bisa 2 kali lipatnya.

KPR dengan mudah mudah membantu kita untuk memiliki hunian tanpa harus takut akibat adanya inflasi, karena terdapat bunga flat setiap bulannya. Pengajuan KPR ini semakin mudah dengan adanya pengajuan kredit rumah KPR.

Secara rinci kita akan membahas secara singkat apa itu KPR. KPR adalah kredit jangka panjang yang disediakan oleh lembaga multifinance atau Bank kepada si debitur untuk memiliki atau membangun rumah yang didirikan diatas tanah atau lahan yang Sertifikat Hak Milik dijadikan jaminan.

Debitur adalah lembaga atau badan yang akan membeli KPR, sedangkan Bank adalah pihak yang memberikan dana kepada debitur untuk membelikan rumah kreditur. Hampir semua bank di indonesia menawaran KPR seperti misalnya KPR BTN dan KPR BCA .

3 komponen penting dalam pengajuan KPR

– Debitur : Perusahaan yang memiliki usaha penjualan rumah

– Bank : yang membelikan rumah untuk kreditur

– Kreditur : orang yang membeli rumah dengan cara kredit kepada Bank atau lembaga multifinance.

Untuk mengajukan harus melalui beberapa tahapan dengan proses yang tidak cukup dalam hitungan hari.

Tahap pertama adalah anda harus memenuhi persyaratan dan ketentuannya seperti dokumen – dokumen yang diperlukan ( KTP, Kartu Keluarga, surat Nikah, atau Surat Cerai, NPWP, buku tabungan, slip gaji, dan lainnya. Pasti setiap Bank akan meminta kelengkapan adminitrasi yang berbeda.

Kelebihan jika menggunakan KPR adalah anda tidak perlu lagi menunggu lama untuk memiliki hunian. Dalam waktu cepat Anda bisa menempati rumah tersebut.

Biasanya penyedia KPR adalah untuk rumah baru yang disediakan oleh developer–developer, jadi anda bisa memilih model atau tipe rumah yang anda inginkan. Selain itu anda bisa memberikan uang muka ringan dan tidak perlu membayar uang tunai sebesar ratusan juta.

Hanya dengan membayar DP sekitar Rp 5 juta – Rp 10 juta, Anda sudah bisa menikmati rumah. Sudah ada jaminan bahwa rumah Anda legal, tidak mungkin pihak developer akan menjual rumah yang statusnya illegal. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika sewaktu waktu ada penggusuran.

Jika anda mulai tertarik dengan layanan ini, Anda tidak perlu bingung mencari Bank yang memberikan pelayanan. Sebab hampir semua bank memberikan pelayanan Kredit Pemilikan Rumah. Mengingat semakin tingginya minat orang – orang yang menginginkan rumah dengan uang muka ringan dengan sistem kredit ini, beberapa bank yang bisa Anda jadikan alternatif adalah bank cimb niaga dan bank mandiri.

Anda juga harus menentukan kriteria dalam menentukan Bank yang akan dipilih. Anda bisa mencari informasi Bank yang menyediakan sistem ini sebanyak–banyaknya, dan harus melakukan perbandingan antar Bank atau lembaga lain.

Lihatlah fitur apa saja yang ditentukan oleh pihak Bank, pilihlah Bank atau lembaga multifinance yang memiliki banyak manfaat dan kemudahan seperti suku bunga dan DP ringan, cicilan yang yang sesuai dengan pendapatan.

Jangan sampai pendapatan Anda habis hanya untuk bayar cicilan karena anda pastinya membutuhkan kebutuhan yang lain. Jika anda ragu, anda bisa melakukan simulasi KPR online untuk menghitung pengeluaran dengan lebih akurat.

©Jawapos.com

Comments

comments

Terpopuler Minggu Ini

To Top