Tekno

Waduh, Website Resmi PPID Sulteng Diretas

Website PPID Sulteng diretas.(Foto: dok)

PALU, KABAR SELEBES – Website resmi milik Pejabat Pengelola Informasi Daerah (PPID) Sulawesi Tengah ternyata tidak bisa diakses. Laman yang seharusnya berisi berbagai informasi kegiatan pemerintah provinsi Sulawesi Tengah, kini hanya berisi tampilan layar hitam.

Laman resmi PPID Sulteng itu menempel di domain milik pemerintah Sulawesi Tengah yakni http://ppid.sultengprov.go.id/. Di tampilan layar hitam itu tertera tulisan HACKED BY TIKUS9OT [FVCK CYBER SECURITY DOWN] serta tulisan Ruled By 5ud0. Tampilan seperti ini kerap disebut deface atau mengganti tampilan.

Belum diketahui sejak kapan tampilan website resmi PPID Sulteng itu diretas orang. Kuat dugaan, aksi peretasan ini sudah berlangsung lama dan tidak bisa diperbaiki oleh admin.

Pihak PPID Sulteng sendiri sepertinya belum berupaya untuk memperbaiki tampilan ini. Menurut sumber di kantor Gubernur Sulteng, aksi ini diduga dilakukan oleh pihak lain yang tidak senang akibat tidak mendapat bagian pengerjaan website resmi Pemprov Sulteng.

“Ini urusan persaingan antar vendor,” kata sumber itu Selasa (27/12/2016).

Sebelumnya, Kepala Biro Humas dan Protokol Ridwan Mumu menandatangani MOU bersama Head Of Operasional Div. PT. Ardh Global Infonesia Farida Frihatini tentang Layanan Hosting Colocation Selver. Penandatanganan itu dilakukan di kantor PT. ARDH GLOBAL INDONESIA.  Tangerang Selatan Kamis (15/12/2016).

Kerjasama Pemerintah Daerah propinsi Sulawesi Tengah dengan PT. Ardh Global Indonesia sudah berjalan selama 5 tahun. Dan kerjasama 3 tahun pertama berupa penyewaan didikate Selver dan layanan hosting. Tetapi pada tahun ke 4 dan tahun ke 5 alat server tersebut sudah menjadi Milik Pemerintah daerah propinsi Sulawesi Tengah tetapi pemerintah daerah menyewa colocation server. Artinya menyewa space di data center milik pihak PT. Ardh Global Indonesia sebagai peletakan perangkat server.

Server adalah suatu perangkat komputer dimana ditempatkan Web yang bisa diakses penggina internet dimana layanan jasa hosting colocation server sultengprov.go.id.

“Kerjasama pada tahun 2017 ditingkatkan berupa Desain tampilan Web. hal ini sebagai akibat adanya perubahan Visi dan Misi Pemerintah Daerah Propinsi Sulteng pada kepemimpinan Bapak Longki Djanggola sebagai Gubernur pada periode kedua tahun 2016-2021. Jadi, kerjasama dengan PT. Ardh Global Indonesia ditingkatkan dari Hosting Colocation Server juga dengan Dengan jasa Web Desain. Semuanya itu dilaksanakan untuk meningkatkan layanan informasi kepada masyarakat melalui Elektronik,” kata Ridwan.(*)

Comments

comments

Terpopuler Minggu Ini

To Top