Sigi

Pemkab Sigi Prioritaskan Perbaiki Infrastruktur Objek Wisata

Ratusan atlet bersaing pada Pra Kejuaraan Dunia Paragliding 2016 di Pegunungan Matantimali, Desa Wayu, Sigi, Sulteng, Sabtu (13/8/2016). (Faiz Sengka/KabarSelebes.com)

SIGI, KabarSelebes.com –  Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, pada 2017 membenahi infranstruktur objek wisata di daerah itu untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dan perekonomian masyarakat.

Bupati Sigi Irwan Lapata di Biromaru, Kamis mengatakan prioritas peningkatan infranstruktur pada beberapa obyek wisata yang selama ini sudah mulai banyak dikunjungi wisatawan.

Seperti obyek wisata Danau Lindu yang sampai kini belum dijangkau mobil karena belum memiliki akses jalan memadai.

Untuk ke obyek wisata itu wisatawan hanya menggunakan jasa tukang ojek lokal.

Mereka hanya sampai di pintu masuk Desa Sadaunta Kecamatan Kulawi dan dari situ naik sepeda motor ojek ke lokasi obyek wisata Danau Lindu dengan menempuh perjalanan selama satu jam.

Untuk sekali perjalanan wisatawan mengeluarkan biaya sewa ojek ke lokasi wisata Rp75.000 per orang.

“Pemkab Sigi merencanakan untuk membangun jalan memadai agar kunjungan wisatawan semakin lebih banyak pada tahun-tahun mendatang,” kata Irwan seperti dikutip AntaraSulteng.com

Keunggulan obyek wisata itu antara lain pengamatan burung, memancing ikan danau dan juga melihat kuburan raja Lindu di tengah danau.

Selain obyek wisata tersebut, juga ada berapa obyek lain diantaranya penangkaran maleo dan tarsius, air terjun wera yang indah dan menawan, lokasi olahraga paralayang Matantimali dan air panas Kadidia.

Karena dana yang dubutuhkan sangat besar dan terbatas, maka perbaikan infranstruktur obyek wisata di Kabupaten Sigi dilakukan secara bertahan dengan melihat skala prioritas.

Provinsi Sulteng pada tahun 2017 menargetkan kunjungan wisatawan tiga juga orang.

Comments

comments

Terpopuler Minggu Ini

To Top