Donggala

Kabupaten Donggala dan Hongaria Jalin Kerja Sama Kembangkan Air Bersih

Tangki air di PDAM Toraja Utara. (Foto: Sindo)

DONGGALA, KABAR SELEBES – Pemerintah Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah sepakat menjalin kerja sama dengan Republik Hongaria untuk pembangunan infastruktur air guna pemenuhan kebutuhan air bersih di daerah ini.

Direktur Utama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Donggala Arifin Abd Rahim menyatakan di Donggala, Selasa, kerja sama Pemkab Donggala dan Pemerintah Hungaria berujung pada pembangunan sarana air bersih di Kecamatan Sirenja dan Dampelas.

“Pemerintah Kabupaten Donggala dalam hal ini PDAM menjalin kerja sama dengan Hongaria yang pada tahun 2017 nanti akan membangun dua sumber air bersih, yaitu di Kecamatan Sirenja dan Kecamatan Dampelas,” ujar Arifin seperti dilansir netralnews.com dari Antara.

Menurutnya, Pemerintah Republik Hongaria akan membangun intake dan reservoir air bersih di Kecamatan Sirenja dengan daya 20 liter/detik untuk memenuhi kurang lebih 3.000 sambungan rumah di kecamatan tersebut.

Begitu pula di Kecamatan Dampelas Hongaria membangun intake dan reservoir yang menghasilkan air bersih 20 liter/detik bersumber dari sungai di wilayah tersebut, sehingga dapat memenuhi 3.000 sambungan rumah.

Ia menyatakan bahwa total keseluruhan air yang diproduksi dari dua intake dan reservoir pada dua kecamatan tersebut, yaitu 40 liter/ detik yang dapat memenuhi kurang lebih 7.000 sambungan rumah.

“Secara keseluruhan dua titik intake dan reservoir pada dua kecamatan itu dapat memenuhi 7.000 rumah, untuk mengatasi problem air bersih yang masih dirasakan masyarakat,” ujarnya lagi.

Dia mengakui bahwa masyarakat di Kabupaten Donggala termasuk di dua kecamatan tersebut cenderung mengalami problem kesulitan air bersih, karena itu Pemkab Donggala melalui PDAM berupaya menyelesaikan problem tersebut dengan menggandeng pemerintah luar negeri.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa pembangunan infastruktur air bersih tersebut murni dibiayai oleh Hongaria, Pemkab Donggala hanya menyediakan lahan dan membantu proses percepatan administrasi untuk pembangunannya.(*)

Comments

comments

Terpopuler Minggu Ini

To Top