Tolitoli

Elpiji 3 Kg Mulai Langka di Tolitoli, IRT Resah

Seorang pemilik toko kelontong, yang sekaligus pemilik pangkalan, yang berada di kawasan Kelurahan Baru, Kecamatan Baolan, Tolitoli, sedang sibuk mengatur tabung gas elpiji 3 Kg yang kosong. (MohSabran/KabarSelebes.com)

TOLITOLI, KABAR SELEBES – Gas elpiji ukuran 3 kilogram mulai langka di Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah. Pasalnya, agen pendistribusian stok ke pangkalan kian terbatas, apalagi kebutuhan akan gas elpiji cukup meningkat penggunaannya bagi masyarakat pasca pemerintah mengkonver minyak tanah ke gas.

Abdullah, warga Kelurahan Baru, yang merupakan salah satu agen gas Elpiji mengungkapkan, semenjak dua pekan silam stok elpiji 3 Kg mulai mengalami kekurangan akibat jatah yang diberikan agen elpiji di daerah tersebut sangat terbatas. Sehingga masyarakat yang menggunakan gas elpiji tidak dapat terlayani secara keseluruhan.

“Biasanya jatah yang dberikan kepada setiap pangkalan 100 tabung. Namun terkendala modal, terpaksa saya hanya mengambil 50 tabung saja, dan saya juga tidak menyangka dalam 10 hari terakhir ini stoknya mulai kosong,” ujar Abdullah kepada KabarSelebes.com, Jum’at, (16/12/2016).

Menurutnya, jika kekosongan ini berlangsung lama, masyarakat yang menggunakan gas elpiji ukuran 3 kg akan merasa kesulitan khususnya para ibu rumaha tangga untuk melakukan aktifitas memasak. Sehingga mau tidak mau harus rela berkeliling untuk mencari di berbagai toko kelontong yang masih menyediakan stok tabung.

“Banyak yang datang ke kios saya untuk menayakan apakah masih ada tersedia stok tabung 3 kg. Namun semenjak diberi oleh pangkalan 10 hari lalu tidak sampai dua hari jatah 50 tabung ludes terjual, sehingga banyak yang tidak kebagian,” tukasnya.

Dirinya berharap, agar kekosongan dan kelangkaan gas elpiji ini tidak berlangsung lama. Sehingga kebutuhan masyarakat akan penggunaaan gas elpiji yang dipakai oleh masyarakat ekonomi ke bawah dapat segera teratasi dan tidak menjadi keresahan.

Pantauan media ini, di beberapa agen Gas Elpiji di Kelurahan Baru, sejumlah tabung gas elpiji ukuran 3 kg nampak terlihat tertampung dan menumpuk di depan toko kelontong yang seluruh tabung dalam keadaan kosong. (Moh Sabran).

Comments

comments

Terpopuler Minggu Ini

To Top