Kesehatan

5 Hal Ini yang Harus Dilakukan Seusai Bercinta

Ilustrasi

KABAR SELEBES – Anda mungkin sudah paham persiapan apa saja yang perlu dilakukan agar sesi bercinta makin hot dan memuaskan. Namun, tahukah Anda apa yang perlu dilakukan setelah berhubungan seksual?

Hubungan seksual bisa menjadi cara penularan bakteri baru pada organ vagina. Karena itulah, kebersihan harus menjadi hal yang wajib dijaga.

Berkemih untuk menghindari infeksi saluran kemih bukanlah satu-satunya hal yang perlu dilakukan setelah percintaan usai. Berikut adalah hal lain yang sebaiknya menjadi ritual untuk menjaga vagina tetap sehat.

1. Bersihkan diri dengan sabun dan air
Lubrikasi seksual dan bakteri dari jari, mulut, dan rektum, dapat meningkatn risiko terkena infeksi bakteri atau jamur. Karenanya, bersihkan organ intim Anda dengan sabun nonparfum seusai bercinta.

Cukup bersihkan area luar vagina saja, tanpa perlu bagian dalam. Vagina memiliki siklus pembersihan alami untuk menjaga kebersihan dan keseimbangan flora.

2. Berendam
Selain membuat Anda merasa dimanjakan seperti putri, menambahkan minyak kelapa murni (virgin coconut oil) pada air hangat di bathtup bisa membantu menghindrasi kulit di sekitar organ intim. Berendam juga bisa mengurangi pembengkakan atau iritasi.

Momen membersihkan diri juga bisa dimanfaatkan untuk menambah keintiman, misalnya mengajak pasangan mandi bersama atau berendam sambil ngobrol santai.

3. Makanan yang tepat
Seperti halnya olahraga, sesi bercinta yang panas juga bisa membuat tubuh kekurangan cairan. Selain itu, mengonsumsi makanan sumber probiotik juga bisa menjaga keseimbangan bakteri di vagina.

4. Pilih pakaian dalam
Pilihlah pakaian dalam dari bahan katun yang mencegah lembab. Hindari pakaian dalam berbahan nilon dan ketat karena bisa membuat pori-pori kulit sulit bernapas. Beberapa penelitian juga mengungkap, tidur tanpa pakaian dalam sebenarnya lebih sehat karena aliran darah lebih lancar.

5. Berpelukan
Ngobrol santai alias pillow talk bisa dimanfaatkan untuk saling membuka diri dan mengungkapkan perasaan hati. Saling memuji dan mengekspresikan rasa cinta juga akan menambah kepuasan seksual dan tentunya meredakan stres. Sempurnakan sesi bercinta Anda dengan pelukan hangat.

©Kompas.com

Comments

comments

Terpopuler Minggu Ini

To Top