Kuliner

182 Makanan dan Minuman Olahan Kelor Dicatat Rekor MURI

Gubernur Sulteng Longki Djanggola menerima plakat rekor MURI untuk 182 resep olahan kelor. (Foto: Ochan Sangadji)

Gubernur Sulteng Longki Djanggola menerima plakat rekor MURI untuk 182 resep olahan kelor. (Foto: Ochan Sangadji)

PALU, KABAR SELEBES – Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) akhirnya mencatat rekor baru jenis makanan berbahan kelor di Kota Palu Sulawesi Tengah. Penghargaan itu diberikan kepada Pemerintah Provinsi
Sulawesi Tengah dan Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia Sulawesi Tengah. Sebanyak 182 jenis makanan dan minuman berbahan baku daun kelor dicatat sebagai rekor baru MURI Senin (5/12/2016).

Rekor makanan dan minuman ini menurut MURI menjadi yang pertama dan paling banyak diciptakan di Indonesia, bahkan di dunia.

Di daerah lain kelor yang dikenal dengan nama ilmiah Moringa oleifera itu hanya dianggap sebagai tumbuhan biasa. Namun di Sulawesi Tengah daun kelor dijadikan sebagai bahan baku makanan . Kini juga berkembang sebagai bahan baku minuman. Ada beragam resep kuliner dari tanaman ini. Mulai dari permen, kerupuk sampai kue bolu.

Olehnya, Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia Sulawesi Tengah melihat manfaat pohon kelor yang banyak tumbuh di daerah ini sebagai peluang. Organisasi ini pun membawa pelbagai ragam resep kelor untuk dicatatkan dalam rekor MURI.

Akhirnya, festival yang bertajuk kelor mendunia itu berhasil mendapatkan peghargaan MURI sebagai jenis makanan dan minuman berbahan baku kelor terbanyak di dunia. Target jumlah awalnya hanya 150 jenis. Namun di festival tersebut dikreasi sebanyak 182 resep makanan dan minuman.

“Cheese kelor, keripik dan kue bolu sudah dipesan oleh APJI Pusat. Insya Allah olahan kelor ini akan makin beragam dan mendunia,” kata Ketua APJI Sulteng, Asmartatie Tombolotutu.

Penghargaan MURI ini dihadiri oleh Gubernur Sulteng Longki Djanggola dan Ketua Tim Penggerak PKK Zalzulmida Aladin Djanggola. (abdee)

Comments

comments

Terpopuler Minggu Ini

To Top