Kuliner

APJI Akan Catatkan 150 Resep Masakan Kelor di MURI

ilustrasi kelor

ilustrasi kelor

PALU, KABAR SELEBES – Daunnya berukuran kecil. Tetapi jangan salah, karena di balik ukurannya yang kecil itu, daunnya memiliki sejuta manfaat dan khasiat yang sangat luar biasa bagi kesehatan tubuh, karena memiliki kandungannya yang melimpah.

Para ilmuan telah lama meneliti kandungan tanaman itu dan mereka sampai pafs keseimpulannya, bahwa itulah pohon ajaib, atau Miracle Tree, yang paling tidak memiliki sekitar 10 manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Itulah pohon kelor, yang selama ini daun dan buahnya menjadi sayur khas bagi masyarakat Kaili, di Palu, Sulawesi Tengah.

Oleh organisasi kesehatan dunia atau WHO kemudian menganjurkan dikonsumsi oleh anak-anak dan bayi yang masih dalam masa pertumbuhan.

Dalam beberapa referensi, tanaman kelor ini mengandung potasium tiga kali lipat daripada pisang, juga mengandung kalsium empat kali lipat lebih banyak daripada susu, memiliki vitamin C tujuh kali lipat daripada jeruk, mengandung vitamin A empat kali lipat lebih banyak dari pada wortel dan juga memiliki dua kali lipat protein daripada susu.

Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia (APJI) Sulawesi Tengah, melihat manfaat pohon kelor yang banyak tumbuh di Palu dan sekitarnya itu sebagai peluang. Lantaran itu, organisasi ini segera membawa kelor untuk dicatatkan dalam rekor MURI.

“Kita akan membuat 150 resep masakan khusus kelor untuk mendapatkan rekor MURI,” kata Ketua Umum APJI Sulawesi Tengah, Asmartatie Abdul Karim.

Menurutnya, acara memecahkan rekor MURI untuk 150 resep masakan dari kelor itu, akan digelar pada 23 Desember 2016 mendatang di Palu.

Selain memecahkan rekor MURI, APJI Sulawesi Tengah juga akan menggelar acara Desain Tumpeng bagi laki-laki, yang pesertanya adalah para tokoh penting di tingkat daerah maupun nasional.

“Pak Gubernur juga akan diundang sebagai peserta. Pun halnya dengan anggota DPR-RI seperti Pak Muhidin Said dan lainnya,” katanya. ***

Comments

comments

Terpopuler Minggu Ini

To Top