Parigi Moutong

Wabup Parimo: Nilai Luhur Kebudayaan Daerah Perlu Ditingkatkan

Wakil Bupati Parimo, Badrun Nggai, saat memberikan sambutan, Selasa (20/9/2016)

Wakil Bupati Parimo, Badrun Nggai, saat memberikan sambutan, Selasa (20/9/2016)

PARIGI MOUTONG, KABAR SELEBES – Wakil Bupati Parigi Moutong (Parimo), Badrun Nggai, membuka secara resmi kegiatan Peningkatan Kesadaran Masyarakat akan Nilai Luhur Budaya Bangsa di Parimo tahun 2016, oleh Badan Kesbangpol Provinsi Sulawesi Tengah, bekerja sama dengan Badan Kesbangpol Parimo di Aual Pertemuan Hotel Oktaria, Kelurahan Masigi, Parimo, Selasa (20/9/2016).

Kurang lebih 100 peserta yang terdiri dari Ketua Adat serta Tokoh Pemuda dan pelajar di Kabupaten Parimo yang mengikuti kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya, Badrun Nggai mengatakan, dengan berkembangnya zaman melalui teknologi saat ini, yang membuat derasnya arus informasi dan telekomunikasi, semua dihadapkan dengan berbagai tantangan yang ada. Salah satunya adalah memudarnya nilai-nilai budaya khususnya generasi muda akibat dampak dari modernisasi.

“Untuk itu, saya sangat mendukung penuh penyelenggaraan kegiatan ini, untuk meningkatkan kembali nilai-nilai budaya bangsa yang merupakan ciri khas dari bangsa kita,” katanya.

Maka dari itu kata Badrun, perlu untuk menyadari bahwa masyarakat saat ini dihadapkan dengan berbagai perubahan sosial dimasyarakat. Perubahan tersebut berjalan seiring arus globalisasi yang tinggi, hingga menyebabkan masyarakat kurang memiliki kesadaran akan pentingnya peranan budaya lokal dalam memperkokoh ketahanan budaya bangsa.

“Salah satu contoh perubahan sosial di tengah masyarakat ialah, mulai berkurangnya minat dari generasi muda saat ini dalam mengapresiasi nilai-nilai kesenian di daerah. Padahal, jika dikelola dengan baik, nilai kesenian di daerah tersebut dapat menjadi potensi wisata budaya yang menghasilkan pendapatan dan juga lahan pekerjaan bagi masyarakat. Untuk itu, selaku aparatur pemerintah serta seluruh element masyarakat untuk dapat terus menjaga dan menumbuh kembangkan nilai budaya yang telah ada, agar dapat terpelihara dengan baik,” pungkasnya. (Humas Pemkab Parimo)

Comments

comments

Terpopuler Minggu Ini

To Top