Parigi Moutong

Samsurizal Upayakan Bangun Konsep Smart City di Parimo

Ilustrasi (metrosulawesi.com)

Ilustrasi (metrosulawesi.com)

PARIGI MOUTONG, KABAR SELEBES – Bupati Parigi Moutong (Parimo) H Samsurizal Tombolotutu mengemukakan, bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Parimo telah menggagas sebuah program di bidang Tekhnologi Informasi (IT).

Samsurizal mengaku akan berupaya menjadikan Kabupaten Parimo sebagai kota pintar atau Smart City, seperti halnya kota-kota besar di Pulau Jawa yang telah sukses menerapkan program tersebut.

Menurutnya, untuk mewujudkan program Smart City sendiri pihaknya telah menggalang kerjasama dengan PT. Telkom Indonesia dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Selain itu ia juga telah bekerja sama dengan para kontraktor yang akan menyiapkan perangkat pendukung teknologi informasi tersebut melalui fasilitas indihome dan fasilitas internet di sejumlah fasilitas publik di masing-masing Kecamatan di Kabupaten Parimo.

“Hal ini saya lakukan semata-mata untuk memajukan masyarakat melalui ilmu pengetahuan dan tekhnologi, agar kedepan daerah kita bisa sejajar dengan daerah-daerah lain yang lebih dulu maju,” ungkapnya saat menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) Wahana Pencinta Alam (Wapa) Virus Indonesia yang ke 14 di Desa Toga, Kecamatan Ampibabo, Parimo, Sulawesi Tengah. (Humas Pemkab Parimo/Aan)

Untuk diketahui, konsep Smart City atau kota cerdas kini mulai diterapkan di berbagai kota besar di Indonesia. Konsep ini merupakan impian bagi kota-kota di Indonesia karena diyakini bisa menyelesaikan berbagai masalah perkotaan seperti kemacetan, penumpukan sampah, dan keamanan warga kota.

Konsep kota cerdas ini, mengetengahkan sebuah tatanan kota yang memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi secara cepat dan tepat.

Beberapa kota besar di Indonesia, sudah menerapkan konsep Smart City ini. Antara lain Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta dan Malang. (**/Faiz)

Comments

comments

Terpopuler Minggu Ini

To Top