Kuliner

Lalampa Toboli Bakal Tercatat di Museum Rekor Indonesia

Foto : Antara

Foto : Antara

PARIGI MOUTONG, KABAR SELEBES – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Parigi Moutong (Parimo) rencananya akan menggelar bakar lalampa terbanyak pada 22 Oktober 2016.

Berdasarkan informasi, bakar lalampa terbanyak itu menargetkan rekor muri yang dilaksanakan terpanjang dari kilo dua Desa Toboli Barat Kecamatan Parigi Utara hingga pelataran lokasi eks sail tomini di Desa Pelawa Baru Kecamatan Parigi Tengah.

Hanya saja, berdasarkan pertimbangan kelancaran lalulintas, sehingga dilakukan perubahan menjadi bakar lalampa terbanyak.

Lalampa adalah hidangan sejenis lemper berisi ikan tongkol yang dibungkus daun pisang kemudian dibakar hingga harum. Lalampa yang dijajakan di Toboli sudah menjadi ikon daerah ini.

Dalam kegiatan bakar lalampa tersebut ditargetkan sebanyak 120 ribu bungkus lalampa dengan menyediakan sebanyak 2,5 ton beras pulut.

Bupati Parimo Samsurizal Tombolotutu mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemkab tersebut perlu mendapat dukungan dari masyarakat.

Pasalnya, kegiatan tersebut merupakan bagian dari masyarakat Kabupaten Parimo secara luas.

“Terlaksananya kegiatan bakar lalampa tersebut perlu adanya dukungan dari masyarakat. Apalagi, suksesnya kegiatan tersebut tergantung dari dukungan masyarakat,” ujarnya. (Roy Lasakka)

Comments

comments

Terpopuler Minggu Ini

To Top