Kuliner

Nikmatnya Kopi Kulawi di Banoea Coffee Ampana, Jadi Incaran Wisman

Para wisatawan asing sedang menikmati sunset sambil menyeduh kopi Kulawi di Banoea Coffee Ampana.(Foto: Moh. Qadri/KabarSelebes.com)

Para wisatawan asing sedang menikmati sunset sambil menyeduh kopi Kulawi di Banoea Coffee Ampana.(Foto: Moh. Qadri/KabarSelebes.com)

AMPANA, KABAR SELEBES – Akhir-akhir ini, warung kopi, café dan kedai kopi menjadi tempat yang paling populer di kalangan masyarakat. Kedai kopi kini menjadi tempat sosial dan nongkrong favorit masyarakat pecinta kopi untuk sekadar ngobrol atau bertemu kolega.

Keberadaan kedai kopi khususnya di Sulawesi Tengah, bukan hanya di Kota Palu, sebagai ibukota Provinsi Sulawesi Tengah. Kedai kopi juga sudah merambah hingga ke kabupaten-kabupaten termasuk di Tojo Unauna.

Di daerah ini, salah satu kedai kopi yang sangat terkenal dan menjadi destinasi favorit para penggila kopi, yang diberi nama Banoea Coffee. Kedai kopi ini berada di Kota Ampana, ibukota Kabupaten Tojo Unauna. Yang menarik dari Banoea Coffee bukan hanya karena dibangun di dekat pantai yang indah di Ampana, namun juga karena kopi yang disajikan sangat beragam.

Meski terletak lumayan jauh dari ibukota Sulawesi Tengah, di Banoea Coffee para penggila kopi bahkan bisa menikmati kopi dari segala penjuru negeri termasuk kopi dari daerah Gayo Nangroe Aceh Darussalam. Namun, yang paling banyak dimintai justru bukan kopi impor tetapi kopi lokal Sulawesi Tengah yang berasal dari daerah Kulawi, Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah.

Memang, Kopi Kulawi adalah salah satu menu andalan di Banoea Coffee Ampana. Kopi khas Kulawi ini bukan hanya disukai oleh penggila kopi lokal, para wisatawan asing yang datang ke Tojo Unauna dengan tujuan ke Kepulauan Togean, juga menggilai Kopi Kulawi. Mayoritas wisatawan asing yang mencari Kopi Kulawi ini berasal dari negeri kincir angin Belanda.

Nama Kopi Kulawi tidak se terkenal seperti Kopi Gayo Aceh, Kopi Toraja, Kopi Java dan Kopi Luwak. Namun, Kopi Kulawi memiliki citarasa tersendiri dan berbeda dengan kopi dari daerah lain di Indonesia. Kopi Kulawi berasal dari kopi robusta yang ditanam di perkebuna kopi rakyat yang ada di pegunungan di wilayah Kulawi.

Kenapa Kopi Kulawi sangat dicari para wisatawan asing di Banoea Coffee?

Menurut Selka, salah seorang wisatawan asing asal Belanda mengaku mengetahui Kopi Kulawi dari wisatawan lain yang pernah berkunjung ke Ampana, Tojo Unauna. Informasi mengenai Kopi Kulawi pun diperoleh dari mulut ke mulut hingga akhirnya membuat para wisatawan asing penasaran dan mulai memburunya.

“Ya dari bicara orang ke orang di Negara kami, kopi kulawi sangat enak dan nikmat ketika diproses dengan alat seduh jenis sifon,”tutur Selka yang ditemui KabarSelebes.com saat sedang menikmati Kopi Kulawi di Banoea Coffee Ampana Jumat (5/8/2016).

Beberapa wisatawan asing lain juga mengaku sengaja datang ke Ampana bukan hanya untuk menimati indahnya pemandangan laut di Kepulauan Togean. Menurut mereka, tujuan lain datang ke Ampana juga untuk mengobati rasa penasaran akan nikmatnya seduhan Kopi Kulawi khas Banoea Coffee.

“Dan kami sangat senang, ketika menikmati matahari tenggelam dari Ampana sambil minum segelas Kopi Kulawi dan merasakan pedasnya rica pisang goreng Ampanamaica,” kata Selka yang diamini beberapa kawannya sesama wisatawan.

Menurut Noe pemilik Banoea Coffee Ampana, di kedai kopi miliknya ini para penikmat kopi bisa mengolah kopi pilihannya untuk diminum. Bahkan, semua pengunjung bisa menjadi barista (pembuat kopi) dengan peralatan yang disiapkan disini.

DI Banoea Coffee Ampana, pengunjung bisa mengolah biji kopi pilihannya untuk dijadikan kopi.(Foto: Dok Banoea Coffee)

DI Banoea Coffee Ampana, pengunjung bisa mengolah biji kopi pilihannya untuk dijadikan kopi.(Foto: Dok Banoea Coffee)

“Silakan meracik kopi sendiri, silakan menjadi barista disini. Kami siapkan banyak jenis kopi dari luar hingga kopi lokal untuk diseduh. Tapi yang pasti, saya merekomendasikan kopi Kulawi untuk anda nikmati di senja hari sambil menunggu sunset di pantai Ampana,” kata Noe.

Jika anda penasaran akan nikmatnya Kopi Kulawi, cobalah ke Ampana dan datangi Banoea Coffee di Jalan Yos Sudarso Ampana.(Moh. Qadri/Abdee)

Comments

comments

Terpopuler Minggu Ini

To Top