Kolom Anda

PR Longki’s di Periode Kedua

1606-THEOTUGAS berat telah menanti Gubernur Longki Djanggola dan Wagub Sudarto di masa kepemimpinannya yang kedua, setelah dilantik Presiden Jokowi di Istana Negara, 16 Juni 2016.

Meskipun kemiskinan di Sulteng mengalami penurunan, namun angkanya masih tergolong tinggi yaitu diatas 14% ato 400an ribu jiwa, urutan ke 9 dari semua provinsi menurut IDeA. Angka yg tinggi untuk Wilayah berpenduduk 2 jutaan.

Sebagaimana dilaporkan baik dalam LKPJ tahun 2015 & 5 tahun masa jabatan bahwa tercatat beberapa prestasi pasangan Longki-Sudarto dalam masa pemerintahan pertamanya.

Keberhasilan pengelolaan keuangan hingga mendapat penghargaan WTP dari BPK, lembaga resmi negara yang bertugas memgaudit pemerintah yang akhir-akhir ini mulai diragukan kredibilitasnya setelah berselisih dengan Gubernur DKI.

Sulteng juga mengalami pertumbuhan ekonomi hingga 2 digit, sebuah prestasi yang tak bisa dinafikan. Tetapi bila kita menelisik detail sumber pertumbuhannya maka ini belumlah sejalan dengan visi & misi pemprov Sulteng periode 2011-2016 yang memfokuskan pada peningkatan pembangunan di sektor maritim karena sumber pendapatan terbesar masih diperoleh dari sektor pertambangan yang berpusat di kabupaten Morowali, Morut dan Banggai.

Sebagai provinsi yang garis pantainya terpanjang di Indonesia, sewajarnya sektor kelautan yang terdiri dari perikanan budidaya, perikanan tangkap dan hasil2 laut lainnya, serta destinasi wisata lautnya dapat berkontribusi signifikan ke PAD Sulteng, linier dengan sektor tambang.

Hal lain yang menjadi PR buat pemerintahan Provinsi Sulteng berikutnya adalah meningkatkan nilai tukar petani & nelayan yang tergolong rendah. Produktivitas petani yang rendah berbanding terbalik dengan naiknya harga-harga barang konsumsi dan sarana produksi usaha pertanian serta perikanan cukup menyulitkan mereka dalam melangsungkan hidupnya. Sulitnya akses dalam pelayanan dasar (pendidikan, kesehatan dan administrasi kependudukan) khususnya di pedesaan adalah tantangan yang harus segera dijawab melalui program-program yang menyentuh langsung ke persoalan pokoknya.

Ajakan kerja sama bagi semua potensi manusia yang berdiam di Provinsi Sulawesi Tengah oleh Gubernur adalah energi positif daerah untuk jauh berkembang dan maju sebagai provinsi yang sejajar dengan daerah yang lebih dahulu berkembang.

SELAMAT atas pelantikan Gubernur H Longk Djanggola dan Wakil Gubernur Sudarto. Semoga sukses memimpin Sulawesi Tengah 5 tahun ke depan.

Muh Masykur
Ketua Fraksi NasDem DPRD Provinsi Sulawesi Tengah

Comments

comments

Terpopuler Minggu Ini

To Top